27 September 2021, 20:55 WIB

Kawasan Pecinan Glodok Akan Ditata Jadi Lokasi Wisata Sejarah


Selamat Saragih | Megapolitan

KAWASAN Pecinan Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat, akan ditata menjadi kawasan wisata sejarah. Kawasan itu akan dikembalikan sesuai dengan kawasan zaman dulu. Artinya, ini menjadi kawasan sejarah. Konsepnya adalah konsep kembali ke zaman dulu," kata Kabag Ekonomi Pemerintah Kota Jakarta Barat, Iqbal Idham Ramid, di Jakarta, hari ini.

"Bahkan jadi tempat destinasi wisata juga, wisata sejarah," lanjut Iqbal.

Dia menambahkan, nantinya trotoar di kawasan Pecinan akan direvitalisasi agar membuat pejalan kaki nyaman.

"Termasuk juga para pedagangnya juga nanti akan kami tempatkan di tempat-tempat (khusus). Artinya kami enggak menghilangkan bisnis di sana, termasuk juga PKL-PKL (pedagang kaki lima) di sana," jelasnya.

Menurut Iqbal, konsep penataan telah memasuki tahap 80 persen selesai. Apabila berlangsung lancar, penataan akan dilaksanakan pada 2022.

Baca juga: Bekasi Masih Melarang Anak Masuk Mal dan Tempat Wisata

Selain kawasan Pecinan, Pemerintah Kota Jakarta Barat juga berencana menata empat kawasan lain yakni Sentra Primer Barat, Kembangan; Taman Sentra Flora dan Fauna Semanan, Kalideres; Sentra Promosi dan Pemasaran Ikan Hias (SPPIH) Slipi, Palmerah; dan Kota Tua, Taman Sari.

Sementara Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Kota Jakarta Barat, Imron, sebelumnya menyatakan, penataan kawasan tersebut mulanya ditargetkan pelaksanaannya tahun 2020.

"Tetapi terkendala dengan dana karena kena refocusing anggaran (untuk penanganan Covid-19). Sementara, penataan yang baru jalan itu yang di Sentra Primer Barat," kata Imron.

Penataan di Sentra Primer Barat, kata Imron, salah satunya dilakukan dengan pembangunan fasilitas umum baru.

"Ada pembangunan IPAL (instalasi pengelolaan air limbah), pemasangan lampu, trotoar, penataan kaki lima juga nantinya," jelas Imron. (OL-4)

BERITA TERKAIT