26 September 2021, 17:50 WIB

Ada ANBK Tingkat SMA, PTM di Jakarta Harus Ditunda


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan

RENCANA Pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas tahap II di DKI Jakarta yang semula bakal dimulai pada Senin (27/9), resmi harus ditunda.

Kepala Bagian Humas Dinas Pendidikan DKI Taga Radja Gah menjelaskan penundaan PTM dikarenakan asesmen nasional berbasis komputer (ANBK) tingkat SMA yang dimulai pada Senin besok.

“Nah, sudah menjadi kebijakan dari Dinas Pendidikan ketika ANBK berlangsung, PTM tidak dilaksanakan," ungkap Taga, Minggu (26/9).

Baca juga: 1.500 Sekolah Bakal Pembelajaran Tatap Muka, DPRD DKI: Masih Relevan

Lebih lanjut, dia menuturkan mundurnya penerapan PTM terbatas tahap II bertujuan mencegah kerumunan di masa pandemi covid-19. "Karena bisa terjadi SMA dekat dengan SD dan SMP, itu yang berbahaya. Takut ada interaksi atau kerumunan siswa. Ini yang kita hindari," pungkasnya.

"Lalu, kita juga berfokus untuk pencegahan terjadi klaster baru. Makanya, walaupun ANBK yang lain, tapi PTM yang lain juga ditunda," sambung Taga.

Di sisi lain, dia menyebut bahwa sejatinya seluruh tenaga pelajar dan kurikulum PTM terbatas tahap II sudah siap. Adanya penambahan 899 sekolah dan madrasah juga sesuai dengan ketentuan yang berlaku.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT