24 September 2021, 21:01 WIB

Besok, Jalur Layang Stasiun Manggarai Mulai Beroperiasi Layani KRL Bogor line


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) menginformasikan, pembangunan jalur layang (elevated track) Bogor Line di Stasiun Manggarai, Jakarta, telah selesai dan siap dioperasikan mulai besok, (25/9). 

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten Rode Paulus Gagok menjelaskan, sesuai rencana, malam ini akan dilakukan kegiatan switch over (pertukaran) jalur 4.

"Ada pemindahan jalur KRL Bogor Line yang tadinya di bawah (at grade), akan dipindah ke jalur 10, 11, 12 dan 13 di lantai 2," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (24/9).

Pembangunan Jalur Layang Bogor Line ini merupakan bagian dari pengembangan Stasiun Manggarai dalam rangka pembangunan Jalur Dwi Ganda Manggarai-Cikarang. 

Kemenhub menyampaikan, setelah melalui serangkaian pengujian dilanjutkan dengan switch over malam ini, besok jalur layang tersebut bisa dioperasikan melayani penumpang. 

Baca juga : BPBD DKI Optimistis Tahun ini Banjir Jakarta tak Separah Tahun Lalu

Saat dioperasikan, jalur layang Bogor Line ini dapat diakses dengan escalator dan lift difabel serta tangga manual yang sudah dibangun. 

Selain itu, bagi penumpang yang akan menggunakan KRL, bisa mengakses peron melalui pintu barat stasiun, tepatnya ke arah Pasaraya Manggarai. 

“Saat ini kami masih melakukan penataan untuk akses dan parkir, namun demikian para pengguna jasa sudah bisa mengakses pintu barat stasiun ini yang bisa lebih mudah akses ke Halte Transjakarta,” jelas Rode.

Khusus untuk penumpang kereta api bandara, dengan adanya pengoperasian jalur layang ini, juga dapat memudahkan untuk berpindah moda transportasi. 

Selain itu, upaya penertiban dan penataan akses diakui Kemenhub telah dilakukan untuk menekan potensi konflik dengan warga di sekitar Manggarai. (OL-7)

BERITA TERKAIT