21 September 2021, 15:28 WIB

PSP Bervaksin Upaya Membangkitkan kembali Sektor Terdampak Pandemi


Mediaindonesia.com | Megapolitan

SEBAGAI bentuk pengabdian bagi masyarakat Indonesia, Garda Pemuda NasDem (GP NasDem) telah mendirikan sentra vaksinasi melalui program Pemuda Siaga Pandemi (PSP) Bervaksin yang belum lama ini diresmikan. Selain mencapai herd immunity, kegiatan ini juga hadir sebagai upaya dalam membangkitkan kembali sektor-sektor yang terdampak pandemi covid-19. 

Hingga saat ini, kegiatan tersebut melayani lebih dari 4.000 orang yang berdomisili di area Jabodetabek dengan vaksin bermerek Pfizer dan Sinovac khusus vaksinasi dosis kedua. Seperti yang diketahui bersama, kasus harian penularan covid-19 di Indonesia telah turun secara berkala dan kini mencatatkan positivity rate yang rendah. 

Sehubungan dengan hal tersebut, melalui Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) per level, pemerintah mulai melonggarkan kembali aktivitas masyarakat secara perlahan dan terukur pada berbagai sektor sehingga ekonomi dapat berangsur pulih tanpa mengorbankan kesehatan. Keberhasilan dalam mengendalikan laju virus tersebut tentu sulit dicapai jika masyarakat enggan berpartisipasi dalam kegiatan vaksinasi serta selalu menerapkan protokol kesehatan yang baik.

Di antara berbagai sektor yang terdampak ini, terdapat beberapa yang terkait erat dengan kepemudaan seperti sektor olahraga serta hiburan. "Program vaksinasi merupakan ikhtiar kita bersama untuk menekan penyebaran covid-19. Dengan harapan segera normalnya berbagai sektor yang terdampak, termasuk sektor olahraga di Tanah Air. Selain bervaksin, kita juga perlu meningkatkan aktivitas berolahraga agar dapat membentuk imunitas yang lebih kuat dan tetap terjamin kualitas hidup sehat," ujar Mohammad Haerul Amri selaku Sekjen GP NasDem sekaligus Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem Bidang Pemuda dan Olahraga. 

Ia mendorong semua lapisan masyarakat untuk dapat berolahraga secara teratur meskipun di rumah saja. Kajian ilmiah 2019 pada Journal of Sport and Health Science menyebutkan bahwa olahraga dapat meningkatkan respons imun, menurunkan risiko penyakit, dan mengurangi peradangan. Tak hanya itu, olahraga juga baik untuk meningkatkan kesehatan mental, terlebih di tengah pandemi.

Terkait kegiatan olahraga dan kepemudaan, pria yang akrab disapa Aam ini menyampaikan bahwa penerapan protokol kesehatan yang tepat pada setiap kegiatan tentu sangat diperlukan guna merevitalisasi sektor tersebut akibat pandemi. Ia berharap bahwa hal tersebut dapat diikuti dan dipatuhi oleh atlet, pelatih, ofisial, serta masyarakat secara luas, khususnya para pemuda.

Sehubungan dengan pelaksanaan PSP Bervaksin yang dilaksanakan di Akademi Bela Negara NasDem, guna mempermudah dan mempercepat keikutsertaan masyarakat terkait vaksinasi, para peserta kini tidak perlu mendaftar terlebih dahulu agar dapat dilayani. "Kami mengusahakan segala upaya untuk mempermudah proses vaksinasi ini, salah satunya dengan memangkas segala proses sehingga peserta cukup datang ke sentra vaksinasi dengan hanya membawa KTP," tegas Ratih Megasari Singkarru, Ketua DPP Bidang Politik & Otonomi Daerah GP NasDem, selaku penanggung jawab kegiatan vaksinasi.

Program PSP Bervaksin juga melibatkan sejumlah artis-artis kader Partai NasDem yang turut mengajak masyarakat untuk bervaksin dengan mudah Bersama PSP Bervaksin, mulai dari Jonathan Frizzy, Anisa Bahar, Intan RJ, Linda Ramadhanty, Ratna Listy, hingga presenter yang kini menjadi anggota DPR Muhammad Farhan. Hingga saat ini, program PSP Bervaksin disambut dengan antusiasme yang begitu tinggi oleh  masyarakat. Hal ini terlihat dari persentase partisipasi masyarakat di berbagai kategori, mulai dari orang dewasa, remaja usia 12 tahun ke atas, hingga lansia yang kerap berdatangan ke sentra vaksinasi tersebut guna mendapatkan dosis vaksin covid-19. 

Testimoni bernada positif juga mewarnai lini masa akun Instagram @gpnasdem. Masyarakat pun dapat memperoleh berita dan informasi terkini mengenai kegiatan PSP Bervaksin melalui akun tersebut. (RO/OL-14)

BERITA TERKAIT