14 September 2021, 21:34 WIB

Rutan Salemba Butuh Sejumlah Perbaikan Menuju Zona Integritas


Rahmatul Fajri | Megapolitan

RUTAN Salemba, Jakarta Pusat menerima kunjungan Tim IV Inspektorat Jenderal Kemenkumham dalam rangka monitoring dan persiapan menghadapi Tim Penilai Nasional dari Kemenpan RB tentang penguatan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi

Kepala Rutan Salemba Yohanis Varianto mengatakan pihaknya telah membuat sejumlah perbaikan di berbagai aspek, terutama dalam pelayanan publik.

"Rutan Kelas I Jakarta Pusat sudah melakukan banyak perubahan baik dari sarana prasarana serta pelayanan publiknya," kata Yohanis, melalui keterangannya, Selasa (14/9).

Yohanis juga mengatakan pihaknya telah mengerjakan enam area perubahan serta inovasi, seperti Sistem Informasi Rutan Kelas I Salemba (Siratusamba). Siratusamba merupakan Smart mobility Service yang memudahkan petugas pemasyarakatan memberikan laporan saat melaksanakan pekerjaan di lapangan, serta mempermudah fungsi kontrol bagi pimpinan baik tingkat kantor wilayah hingga kantor pusat Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

Di balik pencapaian itu, Tim IV dari Inspektorat Jenderal Kemenkumham memberikan sejumlah saran kepada Yohanis sebagai penanggung jawab Tim Zona Integritas Rutan Kelas I Jakarta Pusat.

Sejumlah saran yang diberikan, yaitu penambahan durasi dan tampilan video profil, pengembangan website, serta kurang disosialisasikannya berita positif kepada masyarakat luas. Tim IV beserta anggotanya juga menyampaikan beberapa strategi dalam menghadapi TPN dan mekanisme penilaian TPN.

Yohanis menjelaskan pihaknya akan menindaklanjuti saran-saran perbaikan dari Tim Inspektorat untuk persiapan menuju penilaian akhir dari Kemenpan RB. (OL-8)

BERITA TERKAIT