14 September 2021, 21:07 WIB

DPUPR Depok Lepas Tangan Rusaknya Jaringan Kabel Telekomunikasi di GDC


Kisar Rajagukguk | Megapolitan

DINAS Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, tak bertanggung jawab atas rusaknya sejumlah kabel di lokasi proyek jalan Boulevard Grand Depok City (GDC) Cilodong Kota Depok. Sebab masalah itu menjadi tanggungjawab pelaksana proyek.

"Kabel-kabel rusak bukan tanggung jawab kami melainkan pelaksana.  Karena pemerintah hanya sebagai penyedia anggaran untuk paket proyek ," kata Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Kota Depok Artanto, ditemui di Kantor DPUPR Jalan Raya Bogor, Sukamaju Baru Cilodong Kota Depok, Selasa (14/9).

Artanto menyebut, kabel rusak atau putus di lokasi proyek tengah diteliti dan diperiksai. "Kita telah meminta pihak pelaksana proyek untuk segera memperbaiki," ujarnya.

Dikatakan Artanto,, di bawah tanah proyek jalan dan jembatan ada empat sambungan kabel. Yakni kabel milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Asasta Kota Depok, Perusahaan Listrik Negara (PLN) Kota Depok, Telekomunikasi dan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Depok.

Sebelum proyek dikerjakan, tuturnya keempat pihak telah berkirim surat kepada pihaknya. "Isinya supaya hati-hati. Sebab di bahwah proyek jalan dan jembatan ada kabel, " ujarnya.

Jalan dan jembatan di Jalan Boulevard Cilodong Kota Depok diperbaiki karena ambrol pada April 2021. Akibatnya akses jalan tersebut terputus, tak bisa dilewati kendaraan umum baik roda dua dan empat termasuk pejalan kaki.

"Supaya bisa dilalui, Pemerintah Kota Depok menganggarkan APBD Rp6,5 miliar untuk memperbaiki jembatan tersebut, " ujar Artanto (OL-13)

Baca Juga: Bioskop di Jakarta Kembali Beroperasi Mulai Lusa

BERITA TERKAIT