14 September 2021, 09:10 WIB

Pemkot Bekasi Buka Gerai Vaksinasi di Mall Hingga 30 September


Rudi Kurniawansyah | Megapolitan

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bekasi membuka gerai vaksinasi pada 17 pusat perbelanjaan atau mall di wilayahnya sejak 13 hingga 30 September 2021. Disiapkanm sebanyak 100 dosis vaksin covid-19 pada tiap mal per harinya, dengan jumlah tenaga kesehatan untuk pelayanan minimal 2 orang.

Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Transformasi Pemulihan Ekonomi Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, kebijakan itu sesuai dengan surat edaran Nomor: 443.1/1906/SET.Covid-19 tentang pelaksanaan program vaksinasi covid-19 pada gerai vaksinasi di pusat perbelanjaan atau mall di Kota Bekasi.

"Hal ini berkenaan dengan pelaksanaan program vaksinasi covid-19 di Kota Bekasi sebagai upaya untuk mencapai kekebalan kelompok di masyarakat atau herd immunity dalam rangka mengurangi transmisi penularan virus covid-19. Selain itu, untuk menurunkan angka kesakitan serta kematian akibat virus covid-19," jelas Rahmat Effendi yang juga Wali Kota Bekasi ini, Selasa (14/9).

Ia mengungkapkan, dalam pelaksanaan gerai vaksinasi tersebut terdapat sejumlah hal yang perlu diperhatikan. Diantaranya pelaksanaan program vaksinasi covid-19 di mall dilaksanakan pada 13 hingga 30 September 2021 yang bertempat di 17 titik lokasi di Kota Bekasi.

Kemudian program vaksinasi covid-19 akan dilaksanakan secara komprehensif kepada masyarakat umum di Kota Bekasi dengan menggunakan vaksin covid-19 yang tersedia sebanyak 100 dosis per hari per titik lokasi. Adaoun untuk pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia atau tenaga dalam pelaksanaan program vaksinasi covid-19 di 1 titik lokasi minimal dibutuhkan petugas sebanyak: 2 orang.

"Agar pelaksanaan program vaksinasi covid-19 dimaksud dapat berjalan dengan baik dan lancar, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian dapat mengkoordinasikan persiapannya dengan baik dengan unsur pengelola pusat perbelanjaan dan Dinas Kesehatan," jelasnya.

Selain itu, Kepala Dinas Pendidikan menyiapkan sumber daya manusia atau tenaga dalam penginputan PCare pelaksanaan program vaksinasi covid-19. Kemudian Kepala Dinas Kominfostandi beserta jajarannya melakukan monitoring dan membantu apabila terjadi kendala dalam sistem dan jaringan pada saat pelaksanaan pelaporan dengan menggunakan aplikasi PCare.

Selanjutnya, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian serta Dinas Kesehatan beserta jajarannya melakukan monitoring di masing-masing titik lokasi yang menjadi tanggungjawabnya, serta Kepala Puskesmas membuat dan menyampaikan laporan hasil pelaksanaan program vaksinasi covid-19 kepada Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian. Laporan harus disampaikan secara bertahap setiap 1 jam melalui pesan WhatsApp dan Laporan akhir pelaksanaan di sore hari pada pukul 17.00 WIB dalam bentuk hardcopy.

Kemudian pengelola pusat perbelanjaan agar menugaskan anggota satuan keamanan di tempat masing-masing untuk membantu pengamanan dalam pelaksanaan program vaksinasi agar tidak terjadi kerumunan serta memudahkan warga masyarakat peserta vaksinasi covid-19 dosis kedua untuk hadir dalam pelaksanaannya.

Adapun daftar pusat perbelanjaan yang menyediakan gerai vaksinasi di Kota Bekasi yaitu PT. Makmur Orient Jaya, PT. Bayu Buana Nusa (Grand Mall), PT. Courts Retail Indonesia, PT. Metropolitan Land (Metropolitan Mall), PT. Metropolitan Land (Grand Metropolitan), PT. Kilap Propertindo (Bekasi Square), PT. PP Property, TBK (Lagoon Avanue), PT. Bangun Jaya Karsa (Grand Galaxy Park), PT. Surya Agung Manunggal Perkasa (Bekasi Cyber Park), PT. MBH Managemen (Mega Hyper Mall Bekasi), PT. Rekapastika asli (blu plaza), PT. Gapura intih (Bekasi Trade Center), PT. Alfa Retailindo (Transpark mall juanda ), PT. Lingkar Cipta selaras (mall linc square), PT. Sinar bahana mulya (mall ciputra cibubur), PT. Surya spektrum inti (plaza cibubur), dan PT. Budi kencana megah jaya (plaza pondok gede). (OL-13)

Baca Juga: Harapan Pidi Baiq atas Hadirnya TV Budaya Indonesiana TV

BERITA TERKAIT