13 September 2021, 20:37 WIB

Gibran Puji Anies Berhasil Atasi Covid-19, DPRD DKI: Jangan Lengah


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

WALI Kota Solo yang juga anak Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming, melontarkan pujian kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

Pujian tersebut mengemuka karena Anies dinilai berhasil dalam menangani kasus covid-19 di wilayah Ibu Kota. Gibran pun menyatakan bahwa langkah kebijakan Anies dapat dicontoh daerah lain.

Sikap ini tentu membuat publik yang memahami eskalasi politik di Ibu Kota menjadi kaget. Sebab, Gibran berasal dari partai yang berseberangan dengan Anies di Jakarta. Fraksi PDIP di DPRD DKI diketahui kerap melempar kritik pedas terhadap kebijakan Anies. 

Baca juga: DPRD DKI Akan Panggil Jakpro Terkait Formula E

Teranyar, sikap oposisi yang ditunjukkan PDIP adalah melalui usulan hak interpelasi. Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Gerindra, Iman Satria, sependapat dengan Gibran. Iman mengakui keberhasilan Anies dalam menangani covid-19 bukan isapan jempol.

"Ya kita lihat faktanya saja, bukan karena saya mendukung Anies. Kita semua turun, semua pilar turun, semua masyarakat membantu, akhirnya covid-19 bisa tertangani dengan baik," ujar Iman di Gedung DPRD DKI, Senin (13/9).

Baca juga: Gibran Wajibkan Restoran dan Kafe Gunakan Aplikasi PeduliLindungi

Iman menyoroti kasus covid-19 yang rentan mengalami kenaikan tinggi akibat mobilitas masyarakat dari berbagai daerah, bahkan internasional. Namun, dengan segala upaya yang dilakukan, kasus covid-19 di Ibu Kota dapat diturunkan.

Akan tetapi, dia mengingatkan Pemprov DKI agar tidak lengah. Pelandaian kasus covid-19 saat ini ibarat laut yang tenang, namun bisa berubah menjadi badai, jika masyarakat tidak disiplin protokol kesehatan.

"Saya ingatkan kembali ke Dinkes, jangan sampai kita lengah, karena covid-19 ini kayak tsunami. Tenang, tiba-tiba dia mukulnya di belakang. Sekarang ada lagi varian Mu. Mudah-mudahan kita tetap pada kondisi yang waspada, sehingga kalau ada apa-apa cepat diatasi," pungkasnya.(OL-11)

BERITA TERKAIT