13 September 2021, 13:38 WIB

Bantu Pengusaha Kecil Hadapi Dampak Covid-19, Hipmi Jaya Luncurkan Program UMKM


Ghani Nurcahyadi | Megapolitan

USAHA Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia. Jumlah UMKM di Indonesia yakni sebesar 64,19 juta, komposisi usaha mikro dan kecil sangat dominan yakni 64,13 juta atau sekitar 99,92% dari keseluruhan sektor usaha.

Hasil survei dari beberapa lembaga (BPS, Bappenas, dan World Bank) menunjukkan, pandemi ini menyebabkan banyak UMKM kesulitan melunasi pinjaman serta membayar tagihan listrik, gas, dan gaji karyawan. 

Beberapa diantaranya sampai harus melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Kendala lain yang dialami UMKM, antara lain sulitnya memperoleh bahan baku, permodalan, pelanggan menurun, distribusi dan produksi terhambat.

Sebagai pelaku-pelaku utama ekonomi di DKI Jakarta, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmj) Jaya menyadari, perekonomian kedepan masih sulit sampai meredanya wabah Covid-19. Terlebih, banyak anggota Hipmi Jaya sendiri yang terdampak dari pandemi. 

Sebagai bentuk dukungan dan kepedulian terhadap anggota Hipmi Jaya, UMKM dan masyarakat lainnya yang terdampak pandem Covid-19, Hipmi Jaya membuat Program UMKM (Untuk Mereka Kita Membantu).

Program ini hadir untuk membantu UMKM yang bergerak dalam bidang kuliner dan kriya dengan cara, membeli produk mereka dan selanjutnya disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. 

Tahap pertama, program ini telah membagikan paket sembako, makanan siap saji kepada pemulung, tukang ojek, dan masyarakat umum lainnya yang berada di daerah Kelapa Gading Jakarta Utara. 

Untuk tahap kedua, Hipmi Jaya bekerja sama dengan KitaBisa kembali menggulirkan program UMKM tersebut di Kantor Walikota Jakarta Selatan secara simbolis. Bantuan yang berikan kepada UMKM dan masyarakat yang membutuhkan dengan nilai Rp100 juta atau sekitar 4.000 paket bantuan yang diserahkan oleh Ketua Umum Hipmi Jaya Sona Maesana dan diterima oleh Pelaksana tugas (Plt) Walikota Jakarta Selatan Isnawa Adji. 

Baca juga : Nekat Beroperasi di PPKM Level 3, Polisi Segel 2 Tempat Karaoke

Selanjutnya bantuan tersebut akan didistribusikan ke 8 Kecamatan yang berada di wilayah Jakarta Selatan yaitu Jagakarsa, Pasar Minggu, Mampang, Pancoran, Setiabudi, Kebayoran Lama, Kebayoran Baru dan Pesanggrahan. Bantuan juga disalurkan untuk Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya Tebet, Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama Tebet dan Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia Margaguna Cilandak.

“Program ini hadir untuk membantu teman-teman pengusaha UMKM Kuliner dan Kriya yang akan kami beli produk nya dan kemudian disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan" kata Muhammad Arif, ketua Program UMKM Hipmi Jaya. 

"Kami bersyukur program ini mendapat respon dan dukungan yang baik dan luar biasa, bukan hanya dari anggota HIPMI Jaya juga masyarakat umum. Kedepan program ini semoga bisa lebih besar lagi memberikan manfaat untuk teman-teman anggota HIPMI Jaya dan juga masyarakat yang membutuhkan," imbuhnya. 

Sona Maesana mengatakan Hipmi Jaya sebagai mitra strategis Pemprov DKI Jakarta, akan terus bersinergi dalam rangka membantu pemulihan kesehatan dan ekonomi di Provinsi DKI Jakarta. Menurutnya, kegiatan itu merupakan kegiatan lanjutan dalam rangka membantu Pemerintah untuk menanggulangi Covid-19. 

Sebelumnya Hipmi Jaya juga telah mengadakan program vaksinasi untuk UMKM dan masyarakat umum pada Juli dan Agustus, membantu program vaksinasi yang diadakan oleh Pemprov DKI Jakarta di daerah Jagakarsa, menyalurkan Qurban Keluarga Besar HIPMI Jaya yang diterima langsung oleh Gubernur DKI Jakarta dan ke depan banyak lagi akan kami sinergikan. 

“Dengan adanya Program UMKM (Untuk Mereka Kita Membantu), diharapkan dapat memutarkan ekonomi Anggota HIPMI Jaya dengan membantu mereka membeli produknya untuk meningkatkan penjualan dan juga menumbuhkan kepedulian untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan,' jelasnya. 

Plt Walikota Jakarta Selatan, Isnawa Adji mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Hiomi Jaya yang untuk kesekian kalinya membantu dan bersinergi dengan Pemerintah Kota Jakarta Selatan. 

“Kami tahu, para pengusaha muda yang tergabung di HIPMI sangat terdampak akibat pandemi Covid-19 ini, tetapi ditengah kondisi yang sulit tersebut, masih memikirkan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan”. Atas nama warga Jakarta Selatan, kami mendoakan semoga HIPMI Jaya semakin sukses dan bisa lebih bermanfaat untuk masyarakat," pungkasnya. (RO/OL-7) 

BERITA TERKAIT