13 September 2021, 12:58 WIB

Naik ke Penyidikan, Polisi Periksa 20 Saksi Kebakaran LP 1 Tangerang


Hilda Julaika | Megapolitan

POLISI melakukan pemeriksaan terhadap 20 saksi peristiwa kebakaran LP Kelas 1 Tangerang hari ini, Senin (13/9). Hal ini dilakukan usai hasil gelar perkara proses penyelidikan dinaikan menjadi penyidikan. Lantaran sudah ditemukan adanya tindakan pidana.

“Kami jadwalkan hari ini ada beberapa yang diperiksa, sejak Jumat lalu kami layangkan undangan pemanggilan di sini. Ada dua dari Polres Tangerang Kota dan Polda Metro Jaya yang lakukan pemeriksaan tapi kendali di Krimum Polda Metro Jaya,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dikonfirmasi, Senin (13/9).

Adapun 20 saksi tersebut terdiri dari 14 orang pegawai LP yang pada saat kejadian tengah bertugas.

“Dia memang regu mekanisme penugasan di sana ada 7 blok dibagi beberapa shift, yang kami periksa shift yang bertugas saat terjadi kebakaran di blok C2 Lapas Tangerang,” jelasnya.

Kemudian ada 3 orang saksi dari PLN serta 3 orang pemadam kebakaran.

“Hari ini total pemeriksaan, 14 orang ditambah 3 orang dan 3 orang lainnya. Maka ada 20 saksi,” jelasnya.

Baca juga: Polisi Bakal Periksa Kalapas 1 Tangerang Selasa Besok

Sebelumnya, kebakaran melanda Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas satu Tangerang. Kebakaran terjadi sekitar pukul 02.00 WIB.

"Terjadi pada pukul 1.50 di Blok C Lapas Kelas I Tangerang," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkum HAM Rika Aprianti di Jakarta, Rabu (8/9).

Sebanyak 45 orang menjadi korban tewas akibat kebakaran tersebut.(OL-5)

BERITA TERKAIT