13 September 2021, 11:38 WIB

Ini Penjelasan Disdik Soal Rencana PTM Setiap Hari


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

DINAS Pendidikan DKI Jakarta berencana menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) setiap hari. Untuk saat ini, PTM bagi setiap rombongan kelas di tiap jenjang hanya berlangsung satu kali seminggu.

Kepala Bidang SMP-SMA Dinas Pendidikan DKI Jakarta Putoyo menjelaskan rencana pembukaan PTM tersebut bukan berarti seluruh siswa akan belajar setiap hari di sekolah seperti sebelum pandemi. Hal itu saat ini masih belum dapat dilakukan.

"Jadi bukan artinya semua belajar setiap hari, bukan begitu. Tapi yang sekarang sekali seminggu jadi dua kali seminggu. Begitu," ungkapnya saat dikonfirmasi.

Saat ini, selama PTM terbatas, PTM hanya berlangsung pada Senin, Rabu, dan Jumat.

"Karena hari ini siswa kelas sekian, besok ganti lagi kelas sekian. Jadi sekolah itu buka setiap hari, tapi siswanya tidak masuk setiap hari. Tapi itu belum dilaksanakan," tuturnya.

Baca juga: Kemenkes: Vaksinasi Anak Bukan Satu Syarat Pembukaaan PTM

Disdik DKI pun berencana menambah frekuensi belajar menjadi dua hari dalam sepekan. Namun, rencana ini masih dalam tahap pembahasan mengingat pihaknya masih harus patuh pada aturan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Pemprov DKI dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Sementara itu, saat ini sudah ada 610 sekolah di Jakarta dari jenjang PAUD/TK sampai SMA/SMK yang melaksanakan PTM terbatas. Disdik DKI menargetkan di akhir bulan ini total ada 1.500 sekolah yang bakal menggelar PTM.(OL-5)

BERITA TERKAIT