12 September 2021, 11:07 WIB

Warga Bekasi Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19 Massal dengan Vaksin Pfizer


Rudi Kurniawansyah | Megapolitan

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bekasi terus mempercepat program vaksinasi massal demi mencapai kekebalan kelompok atau 70% herd immunity.

Sebanyak 272 ribu vaksin Pfizer disediakan pada 56 kelurahan dengan 10 titik untuk setiap kelurahan atau 560 titik tempat vaksinasi massal se-Kota Bekasi.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi memantau jalannya vaksinasi pada sejumlah lokasi. Lokasi itu di antaranya Gereja HKI Aren Jaya Bekasi Timur, Pasar Simpasa Summarecon Bekasi Utara, Masjid Nurul Firdaus, Pejuang Medan Satria, dan Puskesmas Mustika Jaya.

"Pemkot Bekasi menggelar gebyar vaksinasi massal. Dari total 56 kelurahan yang ada di Kota Bekasi, vaksin disebar pada berbagai titik yang berbeda. Para warga pun dapat datang langsung ke titik-titik lokasi yang tersedia sesuai dengan domisilnya dengan membawa fotokopi KTP dan KK," kata Wali Kota Rahmat Effendi, Minggu (12/9).

Ia menjelaskan, jenis vaksin yang tersedia pada serbuan vaksinasi massal Kota Bekasi adalah Pfizer.

Vaksin buatan Amerika Serikat itu mempunyai persedian sekitar 272 ribu dosis yang saat ini sudah disebar pada 560 titik di Kota Bekasi.

"Pelaksanaan vaksinasi disebar di berbagai titik se-Kota Bekasi dimana warga silahkan datang langsung ke lokasi-lokasi tersebut untuk divaksin. Demi mencapai herd immunity, kita akan terus meminta ketersedian ke pusat sehingga warga pun mudah untuk mencari ketersediaan vaksin di Kota Bekasi," jelasnya.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi secara langsung menyapa dan berpesan kepada masyarakat.

Pria yang akrab disapa Pepen itu meminta warga untuk terus menerapkan protokol kesehatan dan mengajak keluarga serta tetangga sekitar untuk divaksinasi dengan mendatangi tempat-tempat vaksin yang ada.

"Alhamdulillah vaksin ini bisa membantu menguatkan imun, namun jangan karena sudah di vaksin kita semua abai dengan prokes. Dikesempatan ini saya berpesan kepada seluruh masyarakat Kota Bekasi supaya dimanapun tempat mari kita terapkan prokes dan ajak keluarganya, tetangga, dan orang orang yang kita kenal untuk divaksinasi. Vaksinasi sehat, aman, dan halal,” ungkapnya.

Sementara itu, Inaya, salah satu warga, mengatakan syarat pendaftaran vaksinasi Kota Bekasi sangat mudah. Adapun saat proses skrining atau pemeriksaan kesehatan sampai dengan divaksin protokol kesehatan terhadap warga berjalan dengan aman dan tertib, serta tidak ada kerumunan.

"Persyaratannya tidak merepotkan. Cukup bawa fotokopi KTP dan KK. Kalau terlupa, menunjukkan KTP juga sudah bisa divaksin," pungkasnya.(RK/OL-09)

BERITA TERKAIT