19 August 2021, 20:10 WIB

Layani Vaksinasi Moderna, RSUD Cilincing Buka Pendaftaran Daring


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

LAYANAN vaksinasi Moderna kini tersedia untuk masyarakat umum di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cilincing, Jakarta Utara.

Untuk mendapatkannya, calon peserta harus melengkapi ketentuan yang berlaku sesuai dengan Surat Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Nomor 8561/-1.772.1 Perihal Vaksinasi Covid-19 Moderna.

Direktur RSUD Cilincing, Suzie, mengatakan calon peserta vaksinasi harus mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui laman https://bit.ly/pendaftaranvaksinrsudcilincing2 untuk mendapatkan vaksinasi Moderna.

Baca juga: Pemprov DKI Targetkan Vaksinasi Warga Jakarta Selesai Bulan Depan

Pendaftaran dimaksudkan mendapati empat belas calon peserta sesuai dengan takaran satu vial vaksinasi Moderna.

"Kami sudah membuka pendaftaran. Jadi satu vial vaksinasi Moderna bisa digunakan oleh empat belas peserta," kata dr Suzie saat dikonfirmasi, Kamis (19/8).

Setelah mengisi formulir pendaftaran tersebut, dipastikannya petugas layanan pelanggan (customer service) RSUD Cilincing akan mengkonfirmasi jadwal vaksinasi kepada setiap calon peserta.

Tentunya penjadwalan tersebut menyesuaikan dengan empat belas kuota pendaftar sesuai dengan takaran satu vial vaksinasi Moderna.

Yang perlu diperhatikan sebutnya, calon peserta harus memiliki surat keterangan dokter dari fasilitas kesehatan baik negeri maupun swasta yang menyatakan belum pernah menerima vaksinasi lain seperti Sinovac dan AstraZeneca.

Surat tersebut juga disertakan alasan medis yang mengharuskan calon peserta vaksinasi mendapatkan vaksinasi jenis Moderna, bukan vaksinasi lainnya. Sebab, untuk saat ini pemerintah membatasi vaksinasi Moderna hanya untuk warga dengan kondisi kesehatan tertentu yang tidak bisa mendapatkan vaksin Sinovac dan AstraZeneca seperti memiliki panyakit autoimun.

Diketahui, Dinas Kesehatan DKI Jakarta menunjuk lima fasilitas kesehatan di Jakarta Utara yang melayani vaksinasi Moderna. Kelima fasilitas kesehatan tersebut seperti RSUD Koja, Cilincing, RSUD Pademangan, Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, dan Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok. (H-3)

BERITA TERKAIT