17 August 2021, 09:43 WIB

Ada Upacara HUT RI dan Penurunan Bendera, Begini Pangalihan Lalin Sekitar Istana


Hilda Julaika | Megapolitan

SELAMA penyelenggaraan upacara HUT Ke-16 Kemerdekaan RI dan upacara penurunan bendera sore ini ada pengalihan lalu lintas di sekitar Istana Negara, Jalan Veteran No 17, Jakarta Pusat.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan pengalihan lalin ini sudah dimulai sejak jam 07.00 WIB hari ini.

"Mulai dari pagi arus lalu lintas dari di seputaran istana akan kita alihkan," kata Sambodo, Selasa (17/8).

Pengalihan lalin ini dilakukan sampai upacara HUT RI atau kenaikan bendera selesai. Kemungkinan sekitar pukul 11.00 WIB menyesuaikan dengan kondisi maka pengaturan lalin dibuka kembali.

"Kemudian nanti sore baru kita tutup lagi, pada saat upacara penurunan. Baru nanti kita buka lagi selesai acara penurunan," imbuhnya.

Adapun beberapa pengalihan arus lalin di sekitar Istana yakni, pertama dari arah Bundaran Patung Kuda menuju ke Istana ditutup sampai arah harmoni.

Kemudian dari arah Harmoni yang menuju Istana juga ditutup sementara.

Kemudian untuk Jalan veteran 3, termasuk juga dari arah Gambir yang menuju ke arah Istana juga ditutup untuk pelaksanaan Upacara HUT RI.

"Masyarakat ya untuk alternatif jalan yang ke arah dari jalur Sudirman-Thamrin yang menuju ke arah Kota Tua menuju ke arah Harmoni, Gajah Mada, Hayam Wuruk, silahkan lewat ke alternatif. Bisa melalui Tomang, nanti ke Harmoni ke kiri," paparnya.

"Atau lewat jalur nanti di Patung Kuda ke kanan, ke arah Gambir, nanti bisa lewat ke Masjid Istiqlal. Terus kemudian nanti Tugu Adipura ke kanan atau lurus ke arah Veteran ke arah Harmoni juga bisa. Masih banyak jalan alternatifnya," tutupnya. (Hld/OL-09)

BERITA TERKAIT