12 August 2021, 20:11 WIB

Ombudsman Beberkan Laporan Masyarakat DKI Jakarta kepada Anies Baswedan


Mediaindonesia.com | Megapolitan

ANGGOTA Ombudsman RI Hery Susanto melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ia menyampaikan laporan masyarakat DKI Jakarta yang diterima Ombudsman selama 2021 kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta pada Kamis (12/8).   

Hery Susanto memaparkan ada lima besar pengaduan berdasarkan substansi laporan masyarakat di wilayah Jakarta Raya yakni pendidikan, agraria, kepolisian, permukiman dan perumahan, serta kesehatan. "Ada pula praktik malaadministrasi berupa penundaan berlarut, penyalahgunaan wewenang, penyimpangan prosedur, dan tidak memberikan pelayanan," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima.

Berdasarkan jumlah laporan masyarakat dari kota pelapor, Jakarta Selatan menerima 37 laporan pengaduan masyarakat, Jakarta Timur 35, Jakarta Pusat 18, Jakarta Barat 16, dan Jakarta Utara 11. Sedangkan lima besar instansi terlapor yang banyak dilaporkan masyarakat yaitu dinas pendidikan, Polda Metro Jaya, Pemprov DKI Jakarta, kantor pertanahan, dan dinas sosial.

Dalam sesi akhir pemaparannya, Hery Susanto menyampaikan harapan Ombudsman kepada Pemprov DKI Jakarta. Sejumlah harapan itu mencakup percepatan penyelesaian laporan masyarakat dengan mengoptimalkan focal point pada instansi terlapor di lingkup Pemprop DKI Jakarta, mewujudkan koordinasi dan kolaborasi yang efektif dalam penyelesaian laporan masyarakat dan pencegahan malaadministrasi di lingkup Pemprov DKI Jakarta, serta koordinasi dan kerja sama dalam rangka pengawasan perbaikan pelayanan di di lingkup Pemprov DKI Jakarta.

Baca juga: Pemprov DKI Jakarta Nilai Aturan Ganjil Genap di Masa PPKM berjalan Baik

Ombudsman RI akan membangun engagement dengan Pemprov DKI Jakarta agar rekomendasi Ombudsman dipatuhi oleh penyelenggara negara/penyelanggara pelayanan publik di lingkup Pemprov DKI Jakarta dalam pelayanan publik. (OL-14)

BERITA TERKAIT