12 August 2021, 19:38 WIB

Perusahaan Konsorsium Mitbana dan Sinar Mas Land Buka Sentra Vaksinasi di Terminal Intermoda BSD City


Mediaindonesia.com | Megapolitan

PT Sinar Mitbana Mas (SMM) Intermoda--perusahaan konsorsium antara Mitbana (perusahaan gabungan dari Mitsubishi Corporation dan Surbana Jurong) dan Sinar Mas Land--membuka sentra vaksinasi covid-19 guna mendukung upaya pemerintah dalam percepatan vaksinasi dan memberantas covid-19. Sentra vaksinasi ini berlokasi di Terminal Intermoda BSD City yang berada di sisi pembangunan proyek Transit-Oriented Development (TOD) Intermoda. TOD Intermoda dikembangkan oleh Mitbana dan Sinar Mas Land sebagai TOD terintegrasi pertama di Jabodetabek. 

Sentra vaksinasi itu terselenggara atas kerja sama dengan Kementerian Kesehatan, Pemerintah Kabupaten Tangerang, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Puskesmas Cisauk, ITC Group, Rumah Sakit YPK Mandiri, Fast Med, dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) untuk mendukung pemerintah dalam mencapai target vaksinasi dua pertiga penduduk dari jumlah populasi 270 juta jiwa di akhir tahun ini. Sentra vaksinasi akan memberikan dosis pertama bagi 5.000 orang berusia 12 tahun ke atas. Kegiatan tersebut berlangsung mulai dari 12 hingga 16 Agustus 2021 dan akan diikuti dosis kedua pada 28 hari mendatang. 

Chief Executive Officer Mitbana dan Presiden Direktur PT Sinar Mitbana Mas Intermoda, Gareth Wong, menyampaikan dalam situasi yang memprihatinkan ini, pihaknya berkomitmen membantu masyarakat setempat dalam menghadapi covid-19. "Bersama Sinar Mas Land, kami mengaplikasikan keahlian kedua perusahaan secara adaptif untuk memakai tempat yang sudah tersedia, yakni di Terminal Bus intermoda, dalam fungsi alternatifnya di masa pandemi. Dalam pembangunan Intermoda TOD, kami terus berupaya membuat ruang publik yang dapat berkontribusi bagi keamanan dan kenyamanan dari masyarakat demi ketahanan sosial sekarang dan hingga masa paska pandemi." 

Chief Operating Officer of Mitbana dan Board Director of PT SMM Intermoda, Hidetoshi Suzuki, menambahkan Mitbana dan Sinar Mas Land berkomitmen untuk terus membangun proyek TOD yang smart dan berkesinambungan di BSD City. "Dengan mengedepankan keahlian yang telah kami bawa dari Jepang dan Singapura ke beberapa proyek, kami menggunakan inovasi digital dan solusi urban untuk merespons kebutuhan masyarakat yang dinamis agar terus relevan di masa pandemi sekarang maupun nanti di masa depan."

Sinar Mas Land terus mendukung upaya pemerintah untuk berjuang bersama masyarakat dalam menghadapi pandemi covid-19. Berbagai bantuan telah diberikan sejak April 2020, mulai dari bahan pokok bagi masyarakat yang terdampak pandemi hingga distribusi nasi kotak, masker, hand sanitizer, disinfektan, obat-obatan, vitamin, alat deteksi covid-19, peralatan medis, face shield, dan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis dan tenaga keamanan sebagai garda terdepan. Sejak Maret 2021, Sinar Mas Land juga berkolaborasi dengan beberapa pemerintah daerah di Jakarta, Depok, Cikarang, Karawang, Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, dan Batam untuk menyelenggarakan sentra-sentra vaksinasi yang telah melayani lebih dari 54.000 orang. 

CEO Residential BSD City Sinar Mas Land dan Wakil Presiden Direktur PT Sinar Mitbana Mas Intermoda, Theodore Thenoch, mengatakan perusahaan secara berkelanjutan memberikan dukungan kepada pemerintah dalam meningkatkan herd immunity melalui penyelenggaraan sentra vaksinasi covid-19 sejak Maret 2021. "Senang sekali kami bisa menyaksikan bahwa mitra kami Mitbana juga memiliki semangat yang sama sehingga saya harap upaya ini bisa membawa kebaikan bagi kita semua, khususnya masyarakat di sekitar lokasi proyek TOD Intermoda." 

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi, MARS menuturkan Sinar Mas Land terus mendukung pihaknya dalam percepatan vaksinasi melalui penyelenggaraan sentra-sentra vaksinasi di BSD City. Semangat ini kemudian memotivasi mitra kerjanya seperti Mitbana sebagai kolaborator asing pertama di Kabupaten Tangerang yang mengambil bagian dalam percepatan vaksinasi. Ia berharap niat baik ini menerima respons positif sehingga angka kasus covid-19 di wilayah setempat menurun. 

Baca juga: Sinar Mas Land melalui KIIC Dampingi Warga Karawang dalam Bertani

Di awal Juli 2021, Sinar Mas juga turut berpartisipasi dalam gerakan filantropi yang diinisasi oleh Temasek Foundation Singapura untuk mendistribusikan 11.000 konsentrator oksigen kepada sejumlah rumah sakit. Sejak awal pandemi, Temasek Foundation bekerja sama dengan Kedutaan Besar Indonesia di Singapura untuk memberikan sejumlah bantuan seperti masker, peralatan medis, dan tempat tidur. Temasek ialah induk perusahaan dari Surbana Jurong. (RO/OL-14)

BERITA TERKAIT