05 August 2021, 00:29 WIB

Kolaborasi BUMD-Swasta Berikan Santapan Sehat bagi Petugas TPU Covid-19


Ghani Nurcahyadi | Megapolitan

KOLABORASI Zipmex dan Jakarta Experience Board (JXB) memberikan donasi berupa  3.320 paket makanan sehat kepada Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP) yang ikut menangani pandemi Covid-19 di 7 Tempat Pemakaman Umum (TPU penerima pasien Covid-19 di Jakarta.

PJLP merupakan penyedia jasa yang ditugaskan di berbagai dinas dengan jenis pekerjaan yang disesuaikan dengan dinas terkait. Di TPU penerima pasien Covid-19, PJLP yang bertugas adalah  adalah petugas penggali kubur, pembersih makam, supir mobil jenazah, dan penjaga makam.

 Co-Founder Zipmex Indonesia Raymond Sutanto mengatakan, paket makanan sehat yang diberikan pada 30 Juli-3 Agustus itu menyasar 7 TPU penerima pasien Covid-19, yaitu TPU Rorotan, TPU Pondok Ranggon, TPU Bambu Apus, TPU Tanah Kusir, TPU Srengseng Sawah, TPU Kampung Kandang dan TPU Utan Kayu. 

Santapan sehat yang diberikan 2 kali sehari itu diharapkan dapat menyemangati sekaligus menunjang imunitas para petugas di tengah kasus Covid-19 yang belum mereda.

Raymond menegaskan, kontribusi PJLP dalam program penanganan pandemi Covid-19 seperti sama pentingnya dengan tenaga kesehatan. Petugas PJLP harus mengorbankan waktunya dan berpisah dengan keluarga mereka untuk sementara waktu demi tugas kemanusiaan. 

"Demi menyiapkan perpisahan terakhir antara pasien dan keluarga, petugas PJLP mesti menjalankan tugas siang dan malam. Oleh karena itu, kami berharap melalui makanan sehat ini, petugas PJLP dapat terus semangat. Pandemi ini pasti berakhir, dan kita pasti bisa melaluinya bersama-sama," kata Raymond.

Semasa pandemi, petugas PJLP di beberapa TPU harus siaga memenuhi panggilan pekerjaan yang tidak kenal waktu. Pada pertengahan Juli lalu, PJLP di TPU Rorotan harus memakamkan hingga lebih dari 100 jenazah per hari. Hanya dalam hitungan hari, tanah lapangan di TPU Rorotan berubah dipenuhi papan nisan dan gundukan.

Baca juga : Wagub DKI Tinjau Vaksinasi Covid-19 di SMK Negeri 24 Jakarta

Direktur Utama JXB, Novita Dewi menjelaskan, program itu menjadi wujud kolaborasi antara Pemerintah, BUMD dan Pihak Swasta.

“Kami menyambut baik berbagai program kolaborasi sebagai upaya untuk mendukung program penanganan Covid-19 yang dicanangkan oleh pemerintah. Bantuan apapun menjadi sangat signifikan agar kita dapat saling rangkul di masa yang penuh tantangan ini,” ujar Novita. 

Ia menambahkan, kolaborasi itu sejalan dengan arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, bahwa penanganan pandemi harus dilakukan melalui kolaborasi kolosal dari berbagai unsur.

Rekan-rekan PJLP sendiri merasa perhatian yang diberikan dapat menjadi semangat baru untuk terus melaksanakan pekerjaan dengan sepenuh hati. “Apresiasi yang tak kalah penting buat kami adalah doa. Doakan saja agar kami selalu sehat sehingga bisa terus melakukan pekerjaan ini,” tutur salah satu petugas saat donasi dibagikan.

Aksi #ZipmexPeduliPJLP ini merupakan bagian dari program #ZipmexPeduli, sebuah rangkaian program yang berfokus pada kesejahteraan masyarakat terdampak Covid-19. #ZipmexPeduliPJLP adalah wujud apresiasi Zipmex pada PJLP,yang turut berkontribusi dalam program penanganan COVID-19, khususnya di Jakarta yang menjadi lokasi penyebaran tertinggi di Indonesia.

Sebelumnya, #ZipmexPeduli juga telah memberikan donasi berupa makanan siap santap ke Wisma Atlet, Rusun Nagrak, Rusun Pasar Rumput, masyarakat isoman, lansia pra-sejahtera, dan merevitalisasi 10 dapur umum untuk masyarakat terdampak Covid-19 di Jakarta. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT