04 August 2021, 15:12 WIB

Wagub DKI Minta Masyarakat Isolasi di Fasilitas Pemerintah


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau yang akrab disapa Ariza mengimbau agar masyarakat yang masih menjalani isolasi mandiri di rumah bisa beralih ke lokasi-lokasi yang disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta. Pemprov DKI Jakarta menyiapkan empat lokasi yakni Graha Wisata TMII, Graha Wisata Ragunan, Rusun Nagrak, dan Rusun Pasar Rumput yang sebentar lagi akan dioperasikan.

Ia mendorong warga isolasi di lokasi isolasi terkendali agar pengawasan kesehatan warga dapat lebih terkontrol. Sehingga jika ada gejala perburukan, warga dapat segera dirujuk ke RS rujukan covid-19.

"Masih ada yang isoman. Kita minta masyarakat yang isoman di rumah masing-masing lebih baik isoman di tempat-tempat terpusat yang sudahh disediakan supaya lebih mudah pengawasan dan kontrolnya," kata Ariza, Rabu (4/8).

Baca juga: Ketua BNPB Minta Pasien Covid-19 Jalani Isolasi Terpusat

Meskipun masih banyak warga yang menjalani isolasi di rumah, ia menegaskan tingkat kesembuhan pasien covid-19 yang isolasi mandiri masih cukup tinggi. Selain itu, tingkat kematian pasien covid-19 yang menjalankan isolasi di rumah juga masih rendah.

"Persentase (kematian) jauh di bawah 40%. Kalau (meninggal) di RS di bawah 40% apalagi isoman. Angkanya jauh sekali," jelasnya.

Ditengarai, masih banyaknya warga yang memilih menjalani isolasi mandiri di rumah karena tak mau repot ke RS serta tak mau jauh dari keluarga.

"Tidak mau jauh dari anggota keluarga, punya kamar yang dianggap memenuhi syarat. Kami pahami tapi kami minta msyrkt kalau bisa isoman di tempat isoman yang terpusat," tegasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT