03 August 2021, 17:46 WIB

Polda Metro: Mobilitas pada PPKM Level 4 Alami Kenaikan


Hilda Julaika | Megapolitan

POLDA Metro Jaya (PMJ) mengungkapkan adanya kenaikan mobilitas kendaraan selama masa pelaksanaan PPKM Level 4 di wilayah DKI Jakarta.

"Menjelang PPKM level 4 di minggu ketiga, memang terjadi angka kenaikan. Ini kalau kita lihat dari gerbang tol yang memang hitungannya akurat berdasarkan jumlah kendaraan yang masuk ke Jakarta," ujar Direktur Lalu Lintas PMJ Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam konferensi pers, Selasa (3/8).

Baca juga: PPKM Level 4 Diperpanjang, 100 Titik Penyekatan di Jabodetabek Masih Berlaku

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa dibandingkan angka PPKM mikro, mobilitas pada pelaksanaan PPKM darurat pekan pertama turun 36%. Kemudian, pada pekan kedua PPKM darurat, turun lagi 39%. Lalu, pada PPKM darurat pekan ketiga masih mengalami penurunan sebesar 52%.

Selanjutnya, pada pelaksanaan PPKM level 4 pekan pertama dan pekan kedua, persentase mobilitas masih berkurang jika dibandingkan dengan angka pada PPKM mikro.

Baca juga: Angka Kematian Turun, Wagub DKI Minta Warga Jangan Lengah

Namun, apabila dibandingkan pekan ketiga PPKM darurat, justru mengalami kenaikan mobilitas sebesar 7%. Bahkan, jika dibandingkan pekan kedua PPKM darurat, kenaikannya mencapai 26%.

Ketika dibandingkan pelaksanaan PPKM darurat pekan ketiga, ada kenaikan mobilitas hingga 30% pada PPKM level 4 pekan pertama. "Kita sudah melaksanakan PPKM darurat selama tiga pekan dan PPKM level 4 dua pekan. Sekarang masuk PPKM level 4 pekan ketiga," papar Sambodo.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT