02 August 2021, 19:48 WIB

Percepat Vaksinasi, 2 Ribu Dosis Vaksin per Hari Disiapkan di Kalideres


Rahmatul Fajri | Megapolitan

WARGA sekitar Citra Garden City, Kalideres, Jakarta Barat menyiapkan sebanyak 2 ribu dosis vaksin per hari sebagai bagian dari percepatan program vaksinasi nasional.

Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto mengapresiasi kerja sama dengan pihak swasta, yakni Ciputra Grup yang menginisiasi vaksinasi massal tersebut. Ia mengatakan pada gerai vaksinasi di Citra Garden City tersebut ditargetkan ada 2 ribu warga yang divaksinasi per harinya.

"Pelaksanaan vaksinasi ini ada dua. Pertama, untuk vaksin dosis 1 sebanyak 1.500. Untuk vaksin dosis 2 sebanyak 500. Jadi target sehari dilaksanakan vaksin 2.000 dosis," kata Uus saat melakukan peninjauan vaksinasi di lokasi, Senin (2/8).

Uus mengatakan percepatan vaksinasi ini adalah kesekian kalinya Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan pihak swasta dan komunitas. Ia mengatakan hal ini berdasarkan arahan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyatakan harus ada kolaborasi atau keterlibatan semua pihak dalam mempercepat vaksinasi di Ibu Kota.

"Kalau sudah bersatu padu seluruhnya Insyaallah apa-apa yang nanti kita kerjakan dapat berjalan dengan baik, karena seluruh elemen masyarakat sangat mendukung," kata Uus.

Sementara itu, Associate Director PT Ciputra Group, Yusanto Harijanto mengatakan pihaknya menggelar vaksinasi selama 16 hari dari Senin (2/8) hingga 10 Agustus mendatang. Warga yang ingin melakukan vaksinasi bisa mendaftar melalui website bit.ly/vaksinasicovid_ciputra_citra1. Warga bisa memilih waktu kunjungan yang tertera di website tersebut. Setelah itu, warga bisa datang ke gerai vaksinasi membawa KTP atau Kartu Keluarga bagi anak berusia 12 hingga 17 tahun.

Ia mengatakan pihaknya juga menggelar vaksinasi massal di sejumlah tempat sebagai bentuk Corporate Social Responsibility (CSR).

"Vaksinasi ini berlangsung tidak hanya di gedung pertemuan ini saja, tapi juga berlangsung di Citra Raya Maja dan ada beberapa di kegiatan kegiatan beberapa spot. Ini adalah Bakti sosial kita, CSR kita terhadap masyarakat di masa pandemi." katanya.

Yusanto mengatakan pihaknya menargetkan sekitar 20 ribu dosis disuntikkan selama 9 hari pelaksanaan vaksinasi. "Pada awalnya 8000, tapi Pak Walikota minta tambah, jadi kita tambah semaksimal mungkin, 20 ribu dari kita. Nanti kita akan atur kegiatan ini supaya berlangsung dengan baik," katanya.

Yusanto mengatakan pihaknya sudah melakukan sejumlah sosialisasi mengenai kegiatan vaksinasi massal. Ia berharap warga di Kalideres mau divaksinasi.

"Kita sudah buka publikasi secara meluas dan kita pasang spanduk dan kita lewat barcode. Ada linknya biar lebih cepat, agar lebih gampang melakukan pendaftaran," ujar Yusanto.

Sementara itu, warga Kalideres, Yanti (56), mengaku antusias menjalani vaksinasi. Ia bersama anaknya akan menjalani vaksinasi dosis pertama. "Ini biar aman ya. Kalau kita kena virus, jadi abis divaksin tubuh kita bisa kenal sama ini virus," ujar Yanti.(OL-8)

 

BERITA TERKAIT