21 July 2021, 21:16 WIB

Polisi Usut Kasus Pria Bercadar untuk Kelabui Hasil Positif Covid-19


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan

POLISI menyatakan bahwa penyelidikan kasus hukum penumpang penerbangan rute Jakarta-Ternate berinisial DW terkendala statusnya yang terkonfirmasi positif.

Adapun DW ialah pria yang mengelabui petugas dengan menggunakan cadar dan hasil tes polymerase chain reaction (PCR) milik istrinya untuk terbang.

DW ternyata terkonfirmasi positif korona dan tengah menjalani isolasi mandiri (isoman) selama 14 hari.

"(Penyelidikan) Terkendala situasi, tapi tetap jalan penyelidikan. Kita tunggu 14 hari sejak tanggal 18 (Juli), masa isomannya," kata Kapolres Ternate, Maluku Utara AKBP Aditya Laksimada, Rabu (21/7).

Adit menuturkan penyidik sejauh ini belum melakukan interogasi kepada DW karena terlalu beresiko.

Adit juga menyebut bahwa istri dari pria tersebut berada di wilayah DKI Jakarta sehingga belum dapat diperiksa.

"Belum bisa menentukan pasalnya sebenarnya, karena harus dirunut dari TKP awal (Halim PK)," ungkapnya.

Namun, sejauh ini penyidik telah menyita sejumlah barang bukti yang berkaitan dengan peristiwa tersebut.

Adapun barang bukti yang diamankan oleh penyidik, yakni jaket, jilbab, KTP atas nama DW dan istrinya berinisial LN, serta surat hasil PCR dan kartu vaksin milik sang istri.

Sebelumnya, Kepala Operasional Satgas Covid-19 Ternate Muhammad Arif Gani, mengemukakan bahwa DW menggunakan data diri dan hasil tes swab istrinya saat pemeriksaan di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

DW mengelabui petugas pemeriksaan dengan mengenakan pakaian cadar. Namun, saat tiba di Ternate seorang pramugari melihatnya membuka cadar dan mengganti pakaian di dalam toilet pesawat.

Hal tersebut membuat petugas Bandara mengamankan DW. Saat dilakukan pemeriksaan, hasil tes usap antigen DW positif Covid-19. (OL-8)

BERITA TERKAIT