21 July 2021, 16:18 WIB

Rutan Salemba Gelar Razia, Handphone Hingga Pisau Disita


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan

PETUGAS Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Salemba Jakarta Pusat kembali melakukan razia di sejumlah ruang tahanan warga binaan. Walhasil, sejumlah benda - benda terlarang berhasil diamankan petugas.

Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Kelas 1 A Salemba Jakarta Pusat, Yohanis Varianto menuturkan razia dilakukan pada Selasa (20/7) malam. 

Baca juga: Masyarakat Diimbau Hati-Hati dengan Modus Penipuan Lelang Online

Adapun gelaran razia ini sebagai bentuk pencegahan adanya narkoba yang masuk ke dalam ruang tahanan.

"Kita memang rutin lakukan pemeriksaan, ini sebagai bentuk antisipasi kami saja agar tidak ada barang terlarang masuk," papar Yohanis, Rabu (21/7).

Yohanis mengemukakan razia menyasar ke kamar  hunian warga binaan di Blok S.

Tak dinyana, dalam razia ini petugas mendapatkan beberapa barang yang dilarang berada di area ruang tahanan warga Binaan rutan Salemba.

Barang-barang terlarang digunakan di lapas nyatanya digunakan warga binaan. Barang seperti handphone, charger, pisau, garpu, kompor, dan headset ditemukan dan diamankan petugas.

"Tidak ada narkoba yang kita dapati. Yang kami dapati 2 unit handphone, 3 unit charger, dan satu unit kompor. Kita juga lalukan dengan protokol kesehatan," ungkapnya.

Usai razia, Yohanis menegaskan akan meningkatkan pengawasan terkait beberapa barang yang masuk ke area rutan, khususnya rutan Salemba Kelas IA.

Ke depan, pemeriksaan akan diperketat tak hanya kepada pegawai, namun para tamu yang datang pun juga diperiksa ketat.

"Pemeriksaan dengan menggunakan x-ray, serta pemeriksa secara manual yang dilakukan oleh petugas di area pintu masuk rutan. Hal ini sebagai upaya antisipasi hal tidak diinginkan," pungkasnya. (OL-6)
 

BERITA TERKAIT