20 July 2021, 10:08 WIB

Anies Maknai Idul Adha sebagai Pengorbanan untuk Menjadi Lebih Baik


Basuki Eka Purnama | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan memaknai Hari Raya Idul Adha 1442 H sebagai pengorbanan panjang selama pandemi covid-19 untuk menjadi lebih baik.

"Kita berharap Allah SWT akan mengganti pengorbanan panjang ini dengan sesuatu yang Insya Allah lebih baik," kata Anies di akun instagram @aniesbaswedan, Selasa (20/7).

Dalam unggahannya, Anies menyampaikan kisah teladan keluarga Nabi Ibrahim Alaihissalam yakni Siti Hajar dan Nabi Ibrahim Alaihissalam yang hidup sekitar 4.300 tahun lalu dengan hikmah yang masih bisa dipetik dalam kondisi pandemi covid-19.

Baca juga: Pemprov DKI Minta Panitia Kurban tidak Pakai Wadah Plastik

Hikmah dari keluarga Nabi Ibrahim tersebut, lanjut dia, yakni ketaatan menjalankan tanggung jawab, tentang penyerahan diri pada Allah, menjalani masa sulit dengan saling mendukung dan saling menguatkan.

"Tahun ini kita kembali harus merayakan Idul Adha dalam masa prihatin dan penuh keterbatasan. Inilah ikhtiar yang masih harus kita lakukan sama-sama," ucap Anies.

Dalam kesempatan itu, ia juga berdoa agar diberikan kekuatan kepada orang yang berjihad di garis depan melawan pandemi di antaranya para tenaga kesehatan, petugas di lapangan, hingga yang bekerja di sektor esensial dan kritikal yang menopang kebutuhan masyarakat.

"Semoga Allah menguatkan mereka, melarikan musuh dengan ke-esaan-Nya, mengangkat cobaan pandemi ini dari muka bumi," imbuhnya.

Sebelumnya, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengajak warga Jakarta untuk menyelenggarakan salat Idul Adha di rumah masing-masing.

Pelaksanaan salat Idul Adha di rumah juga pernah dilakukan pada tahun lalu untuk menghindari penyebaran covid-19 yang masih melonjak.

"Kami mengimbau seluruh penyelenggaraan untuk mengadakan salat Idul Adha di rumah masing-masing sebagai mana kita pernah melakukannya tahun lalu," kata Anies, Minggu (18/7). (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT