10 July 2021, 15:52 WIB

Survei Serologi: Setengah Warga DKI Pernah Terinfeksi Covid-19


Hilda Julaika | Megapolitan

EPIDEMIOLOG Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI Pandu Riono mengatakan hampir setengah dari warga Jakarta pernah terinfeksi covid-19. Dari jumlah tersebut sebagian besar malah tidak terdeteksi oleh sistem testing dan tracing oleh Pemprov DKI Jakarta.

Hal ini didasarkan pada hasil survei serologi covid-19 oleh Tim Pandemi FKM UI. Survei dilakukan dengan mengumpulkan data dan spesimen pada 15-31 Maret 2021.

"Hampir separuh penduduk DKI tepatnya 44,5% pernah terinfeksi covid-19. Ini cukup besar karena Jakarta merupakan episentrum pandemi dan memiliki kontributor terbesar dari kasus yang terjadi di Indonesia," kata Pandu dalam Konferensi Pers Diseminasi Hasil Survei Serologi Covid-19 secara virtual, Sabtu (10/7).

Berdasarkan data tersebut, persentase perempuan yang terinfeksi lebih tinggi 47,9% dan laki2 41,0%. Adapun untuk kelompok usia hampir semua kelompok pernah terkena virus, mulai dari balita, anak muda, hingga lansia. "Ini menyerang hampir semua penduduk termasuk saat ini anak yang semakin banyak terinfeksi bergejala dan meninggal,” ujarnya.

Baca juga: Langgar PPKM Darurat, Satu Rukan di Green Garden Disegel

 

Sementara itu, dari penularan per wilayah. Tercatat Jakarta Pusat menjadi wilayah penyebaran covid-19 paling tinggi sebesar 53,7%. Ini diikuti oleh Jakarta Barat sebesar 45,4%, Jakarta Utara 44,5%, Jakarta Selatan 44,4%, Jakarta Timur 40,9%, dan Kepulauan Seribu 39,3%. “Hal ini bisa juga terjadi karena Jakarta Pusat memiliki mobilitas yang sangat tinggi seperti ramai perkantoran dan lain sebagainya,” jelasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT