02 July 2021, 14:15 WIB

Pungli Portal dengan Dalih Uang Rokok Berakhir Damai


Rahmatul Fajri | Megapolitan

PUNGUTAN liar yang dilakukan penjaga portal dengan dalih 'uang rokok' terhadap salah satu warga di Kebon Jeruk, Jakarta Barat berakhir damai.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat Kompol Joko Dwi Harsono mengatakan pihaknya sudah memanggil pelaku, korban, RT/RW, dan Lurah setempat untuk menyelesaikan permasalahan dengan mengedepankan asas keadilan dan musyawarah mufakat.

Joko mengatakan setelah dipertemukan, pelaku dan korban telah berdamai. "Alhamdulillah antara korban dan pelaku sudah berdamai, korban tidak mempermasalahkan atas perbuatan pelaku," kata Joko, melalui keterangannya, Jumat (2/7).

Dalam kesempatan yang sama Kapolsek Kebon Jeruk Kompol Robinson Manurung menjelaskan dari pria paruh baya berinisial R tersebut meminta uang kepada salah satu warga atas kemauannya sendiri. Ia mengatakan Ketua RT setempat meminta R untuk menjaga portal saja dan tidak ada instruksi untuk memungut uang dari warga.

Baca juga: Badan POM Terbitkan Izin Penggunaan Darurat Vaksin Moderna

Robinson menjelaskan R tidak dijerat pidana atas perbuatannya tersebut. Ia mengatakan peristiwa tersebut hanya salah paham.

"Jadi ini hanya salah paham aja. Tadi bu Aini (korban) bilang kalau tidak dimintai pun setelah saya lewat juga dikasih kok," kata Robinson menirukan ucapan korban.

Robinson mengatakan untuk mengantisipasi hal serupa kembali terjadi, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada RT dan RW. Ia mengatakan warga tidak dipungut biaya untuk dibukakan portal.

Sebelumnya, viral di media sosial mengenai adanya penjaga portal yang meminta sejumlah uang agar dibukakan portal di Jalan H. Ismail, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, pada Kamis (1/7) kemarin.

Dalam video yang diunggah akun @gojek24jam itu, terlihat seorang wanita yang tengah mengemudikan mobilnya tidak melintas karena terhalang portal. Setelah itu muncul pria paruh baya meminta uang Rp20 ribu sebagai 'uang rokok' atau uang imbalan jika ingin dibukakan portal. Namun, wanita itu menolak dengan mengatakan warga setempat.

"Kok jadi minta uang rokok sih pak? Saya kan juga orang sini. Kita kan udah bayar keamanan pak, kita lagi musibah," kata wanita itu seperti dilihat pada Jumat (2/7).

Pria yang menjaga portal itu tetap bersikeras meminta uang dari perempuan tersebut. "Ngasih uang rokok gitu aja udah beres," ucap pria tersebut sambil meninggalkan perempuan tersebut.(OL-4)

BERITA TERKAIT