25 June 2021, 19:57 WIB

Polisi Akan Patroli di Kampung-kampung untuk Bubarkan Kerumunan


Rahmatul Fajri | Megapolitan

KAPOLDA Metro Jaya Irjen M Fadil Imran memerintahkan anggotanya untuk melakukan patroli di kampung-kampung yang ada di wilayah hukum Polda Metro Jaya yang masuk ke zona oranye atau zona merah.

Fadil menjelaskan berdasarkan pantauan di lapangan masih terdapat warga yang belum sadar untuk menerapkan protokol kesehatan. Ia mengatakan pihaknya akan melakukan langkah preventif, edukatif, dan penegakan hukum terhadap masyarakat yang membandel dan abai terhadap protokol kesehatan.

"Tim akan melaksanakan patroli, memperkuat PPKM mikro masuk kampung keluar kampung, mengingatkan masyarakat yang masih bandel berkerumun, mengingatkan masyarakat yang tidak menggunakan masker," kata Fadil, di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (25/6).

Fadil mengatakan patroli ini akan dilakukan pada siang hari, karena pada malam hari pihaknya telah melakukan pembatasan mobilitas dengan menutup sejumlah ruas jalan di Ibu Kota.

Baca juga: IDI: Situasi Covid-19 Terkini Sudah Penuhi Syarat Lakukan PSBB Total

Lebih lanjut, Fadil menuturkan pihaknya akan menurunkan 100 lebih mobil patroli untuk terjun ke lapangan.

"Mobil patroli lalu lintas yang ada sekitar seratus mobil patroli, lemudian Samapta sekitar 30 kendaraan patroli, ditambah Pamobvit, Brimob, sesuai dengan zona dan wilayah-wilayah yang dianggap perlu untuk dilakukan peningkatan disiplin untuk masyarakat akan kita coba intervensi," kata Fadil.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menambahkan patroli nanti akan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai situasi yang kian mengkhawatirkan dengan kasus covid-19 terus melonjak dan Bed Occupancy Rate (BOR) di rumah sakit yang menipis. Sehingga, masyarakat diminta menerapkan protokol kesehatan sebagai langkah untuk menekan laju penyebaran covid-19.

"Tim yang nanti masuk dengan perlibatan masyarakat, baik itu tokoh masyarakat, tokoh agama. Sama sama mengingatkan nantinya," kata Yusri. (OL-4)

BERITA TERKAIT