22 June 2021, 23:03 WIB

Anies: Demi Keselamatan Biarkan Anak-Anak Bermain di Rumah Saja


Selamat Saragih | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan meminta kepada para orangtua untuk menjaga anak-anak mereka pada masa lonjakan kasus covid-19 seperti saat ini. Karena itu, pihaknya meminta para orangtua mengajak anak-anak mereka bermain di rumah dan dalam pengawasan masing-masing.

"Jadi saya berharap kepada keluarga-keluarga di Jakarta lebih berhati-hati. Usahakan di rumah saja. Anak-anak juga biarkan bermain di rumah saja demi keselamatan semuanya," kata Anies dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (22/6).

Dia mengatakan perlu pengawasan ekstra kepada anak-anak karena saat ini kasus covid-19 cukup banyak terdeteksi pada usia 0-18 tahun. Pada Minggu (20/6), kata Anies, tercatat 655 kasus harian baru covid-19 di Jakarta ialah anak usia 5-18 tahun dan 224 anak di bawah 5 tahun atau balita. "Jadi 16% dari kenaikan kasus ini ialah anak-anak," jelas dia.

Anies mengatakan, peningkatan kasus usia anak tidak terlepas dari varian baru covid-19 yang mudah menular kepada anak-anak. Dia meminta semua orang bisa mewaspadai penularan pada anak, karena mengurus anak tidak sama seperti mengurus pasien covid-19 yang sudah dewasa.

Baca juga: Pasien Covid-19 di Wisma Atlet Tembus 7.797 Orang

 

"Penanganan untuk anak-anak tentu membutuhkan pendampingan orang dewasa, sehingga muncul kompleksitas yang tidak sederhana," katanya. (OL-14)

BERITA TERKAIT