18 June 2021, 08:47 WIB

TransJakarta Kembali Operasikan Halte Transit Kuningan Timur


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

BERKAITAN surat PPK Pembangunan Prasarana LRT Jabodetabek Direktorat Jendral Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor KA.008/1/20/SPPPP-KA/DIKA/21 tanggal 20 Mei 2021 tentang Pemberitahuan Penyelesaian Pekerjaan Halte BRT Kuningan Timur serta hasil survey lapangan bersama pada tanggal 4 Juni 2021, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) kembali mengoperasikan Halte Bus Rapid Transit (BRT) Kuningan Timur, Jakarta Selatan.

Direktur Utama PT TransJakarta Sardjono Jhony Tjitrokusumo menyampaikan halte ini sebelumnya menggunakan halte sementara guna mendukung pembangunan kereta ringan Light Rail Transit (LRT) Jabodetabek.

“Mulai hari ini, Halte Kuningan Timur sudah bisa pindah ke halte permanen dan siap beroperasi melayani pelanggan kembali,” ujar Jhony di Jakarta, Jumat (18/6).

Jhony menambahkan dengan dioperasikannya Halte Kuningan Timur ini sekaligus mencatat sudah ada 5 (lima) dari 7 (tujuh) halte BRT terdampak proyek LRT Jabodetabek ini yang sudah dioperasikan serta siap beroperasi kembali.

Baca juga: Soal Kursi Transjakarta Penuh, Satgas Siap Perketat Prokes

Semua halte yang sudah beroperasi juga dipastikan ketat protokol kesehatan (prokes) seperti dilengkapi tanda jarak aman di lantai dan bangku tunggu pelanggan di halte, pengukuran suhu tubuh jelang memasuki area halte, ketersediaan wastafel portable hingga hand sanitizer yang dapat digunakan pelanggan hingga vending machine untuk proses pembelian tiket dan top up saldo saldo elektronik untuk meminimalisir penyebaran covid-19.

“Selain itu, pelanggan bisa menikmati berselancar di dunia maya menggunakan fasilitas Wi-fi berkecepatan tinggi, tanpa bayar dan tanpa batas kuota di seluruh halte-halte kami sambil menunggu kedatangan bus yang bisa dilacak menggunaan aplikasi TIJE. Harapannya, pelanggan bisa mendapatkan perjalanan menyenangkan bersama TransJakarta,” tutup Jhony.

Sebagai informasi, halte Kuningan Timur akan melayani beberapa rute yakni:

Arah Ragunan

1. Ragunan – Halimun (Koridor 6)

2. Ragunan – Monas via Kuningan (Koridor 6A)

3. Lebak Bulus – Senen (6H)

4. Manggarai – Blok M (6M)

5. Puribeta – Kuningan (13E)

6. Stasiun Tebet - Mega Kuningan (6C)

7. Pulo gadung - Patra Kuningan (4D)

Arah Dukuh Atas

1. Ragunan – Halimun (Koridor 6)

2. Ragunan – Monas via Kuningan (Koridor 6A)

3. Lebak Bulus – Senen (6H)

Di luar itu, TransJakarta tetap mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah apabila tidak ada keperluan mendesak.

Namun, jika harus ke luar rumah karena terpaksa, selalu pastikan untuk selalu menerapkan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.(OL-5)

BERITA TERKAIT