11 June 2021, 21:04 WIB

Stok Darah PMI Jakarta Menipis, Polri Gelar Donor Darah


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan

PUSAT Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Polri menggelar kegiatan donor darah dalam rangka HUT Bhayangkara ke-75 bersama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta.

Kegiatan donor darah dilakukan karena jumlah masyarakat yang melakukan donor darah menurun sejak pandemi covid-19.

"Diharapkan kami dari kepolisian dapat memberi kontribusi berupa donor darah kepada masyarakat DKI yang membutuhkan donor," papar Kapusdokkes Brigjen Rusdianto di Mabes Polri, Jumat (11/6).

Guna mengatasi turunnya angka masyarajat yang donor darah, pihaknya melaksanakan donor darah untuk masyarakat yang membutuhkan.

Rusdianto menjelaskab bahwa peserta donor darah berasal dari seluruh perwakilan satuan kerja yang ada di Mabes Polri.

Terpantau Dirtipidum Bareskrim Brigjen Andi Rian Djajadi hingga Kabareskrim Komjen Agus Andrianto mendonorkan darahnya.

Rusdianto juga menargetkan 500 orang untuk  mendonorkan darahnya hari ini. Dia menyebut donor darah dilakukan demi memenuhi stok kantong darah milik PMI DKI Jakarta.

"Target kita hari ini kita 500 orang. Tentunya nanti apakah dia bisa diambil tergantung dari kondisi masing-masing yang akan mendonor. Dari PMI DKI sudah siapkan 500 kantong. Semoga bisa diambil semuanya untuk memenuhi stok yang dibutuhkan PMI Jakarta," tandasnya.

Di sisi lain, Ketua Pengurus Bidang Anggota dan Relawan PMI Jakarta, Angger Sutawijaya, membeberkan pihaknya membutuhkan stok darah hingga 1.200 kantong per hari.

"Memang kebutuhan darah DKI Jakarta itu antara 1.000-1.200 kantong per hari. Di awal pandemi kami PMI sangat kesulitan karena kami hanya bisa mencukupi darah sekitar 200-250 kantong atau sekitar 25 persen dari kebutuhan warga DKI Jakarta," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT