09 June 2021, 09:16 WIB

Pesepeda Maksimalkan Uji Coba Road Bike Jalur Sudirman-Thamrin


Rahmatul Fajri | Megapolitan

UJI coba jalur road bike di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat dimaksimalkan oleh para pesepeda. Pesepeda road bike keluar dari jalur sepeda permanen itu diuji coba pada pekan ini dimulai dari pukul 05:00 hingga 06:30 WIB.

Dari pantauan Media Indonesia pada Rabu (9/6),pukul 05:30 WIB, tampak sejumlah rombongan pesepeda memadati jalan Sudirman-Thamrin. Satu rombongan road bike rata-rata mempunyai 20 hingga 30 pesepeda.

Mereka diiringi oleh satu pemandu yang menggunakan sepeda motor untuk mengamankan jalan. Mereka melaju dengan kecepatan 40 km/jam di jalur cepat atau di luar jalur sepeda bersama pengendara sepeda motor dan mobil.

Pada pukul 06.30 WIB, para pesepeda road bike kemudian kembali masuk ke jalur sepeda. Di setiap jalur sepeda tampak petugas polisi dan petugas Dinas Perhubungan berjaga dan mengarahkan para pesepeda kembali ke jalurnya.

Salah satu pesepeda road bike, Jefri, 32, mengaku lebih nyaman dengan uji coba ini. Ia mengatakan road bike yang ditungganginya bisa melaju dengan baik jika berada di jalur cepat.

"Hari ini baru sepeda lagi buat uji coba. Lumayan nyaman juga bagi saya dan teman-teman," ujar Jefri ketika ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Selatan.

Jefri mengakui kebijakan ini mengundang polemik di tengah publik. Namun, ia mengatakan para pesepeda road bike mematuhi aturan yang telah ditetapkan, sehingga tidak menimbulkan gangguan terhadap pengguna jalan lainnya.

"Saya rasa pesepeda road bike tadi juga pada lewat di jalur kiri, ya. Sama kondisi pada jam segitu belum macet. Jadi, mungkin kita sama-sama menghargai saja," ungkap Jefri.

Ia berharap pemerintah bisa menerapkan kebijakan yang win-win solution. Ia mengatakan jangan sampai para pesepeda road bike mendapat anggapan sebagai anak emas dj jalan raya.

"Saya rasa keputusannya harus bikin nyaman bersama. Harus sama-sama enak. Kalau selama ini semua aman, nyaman, ya, bisa dilanjutkan. Tapi, balik lagi mungkin kita bisa lihat juga dari perspektif lain," katanya.

Sebelumnya, pemerintah provinsi DKI Jakarta menggelar uji coba pesepeda road bike menggunakan jalur kendaraan bermotor di Jalan Sudirman-Thamrin.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, uji coba tahap awal akan dilakukan seminggu ke depan pada saat hari kerja Senin-Jumat pagi. Syafrin mengimbau seluruh pengguna jalan bisa untuk saling menghormati dan memberikan kesempatan pesepeda road bike selama masa uji coba.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat yang akan beraktivitas di Jalan Sudirman-Thamrin agar selalu menaati rambu-rambu lalu lintas, marka jalan, dan arahan petugas di lapangan, sehingga tercipta kondisi keselamatan dan keamanan dan kenyamanan kita dalam bermobilitas harian," kata dia. (Faj/OL-09)

BERITA TERKAIT