05 June 2021, 00:03 WIB

Anies Berharap Perusahaan Beri Insentif Karyawan Bersepeda


Selamat Saragih | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta, Anies Baswedan, berharap setiap perusahaan dan perkantoran di DKI Jakarta dapat memberikan insentif kepada karyawan yang berangkat ke kantor dengan menggunakan sepeda.

"Kami berharap perusahaan dan kantor-kantor memberikan insentif bagi mereka yang naik sepeda," saran Anies saat ditemui di Kantor Kementerian Perhubungan, di Jakarta, Jumat (4/6).

Beberapa contoh insentif yang dapat diberikan, jelas Anies, antara lain kemudahan kredit sepeda, atau juga bisa berupa subsidi premi asuransi.

Selain itu, Anies juga berharap perusahaan dapat memberikan berbagai kemudahan di kantor agar karyawannya beralih ke transportasi menggunakan sepeda.

"Diberikan kemudahan di dalam mereka berkegiatan di kantor, sehingga ada insentif tambahan untuk mau menggunakan sepeda," lanjutnya.

Selain itu, Anies juga meminta agar disediakan tempat berbilas atau shower dan tempat parkir sepeda minimal 10 persen dari kapasitas parkir yang tersedia.

Untuk itu, kata Anies, pihak perkantoran dan pusat perbelanjaan di Jakarta wajib menyediakan fasilitas parkir sepeda saat PPKM Mikro.

Anies juga berharap agar setiap karyawan bisa menyediakan sepeda di kantor untuk kegiatan rutin mereka seperti pergi makan siang atau menuju tempat rapat di dekat kantor.

"Kalaupun belum bisa naik sepeda ke kantor, paling tidak di kantor ada sepeda untuk datang ke pertemuan-pertemuan," ujarnya.

Kebijakan tersebut, lanjut Anies, sangat penting untuk membangun kota yang lebih bersih dari polusi dan masyarakat yang sehat dari pesepeda.

"Jadi kita berkepentingan sama-sama untuk membuat warga lebih sehat, kotanya lebih bersih, dan nantinya kita akan merasakan suasana kota urban yang secara umum kondisinya lebih sehat," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT