31 May 2021, 00:23 WIB

Ada Kampung Kumuh di Jakarta, Megawati Singgung Risma


Cahya Mulyana | Megapolitan

KETUA Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri meminta kaum perempuan untuk memikirkan isu stunting atau anak kekurangan gizi yang masih dihadapi Indonesia hingga saat ini.

Secara khusus ia meminta Menteri Sosial Tri Rismaharini mengentaskan masalah kesenjangan sosial.

"Ayo Mbak Risma yang kuat. Pokoknya nanti datang ya ketemu saya. Saya mau ketemu," kata Megawati saat memberikan pengarahan dalam acara peresmian 25 kantor baru PDIP secara virtual, Minggu (30/5/).

Megawati mengungkapkan satu perkampungan seluas 500 m2 yang kumuh di Cempaka Putih, Jakarta, yang masih terdapat pengidap stunting. Kondisinya sangat menyedihkan sehingga menuntut pemerintah segera turun tangan.

"Bayangin di Jakarta Pusat, di Cempaka Putih, ada tanah barangkali tidak sampai 500 meteran. Itu yang tinggal disitu keluarga yang hidup di bedeng-bedeng. Dengerin itu mbak, ntar saya kasih lihat tempatnya," paparnya.

Masalah ini menurutnya turunan dari masalah urbanisasi atau perpindahan masyarakat desa ke kota demi mencari hidup. Ia menuntut pemerintah membangun daerah supaya masyarakat tidak mencari penghidupan ke kota.

"Maksud saya persoalan urbanisasi sebenernya piye ya? Sampai saya ngomong ke Pak Jokowi. Ini gimana kok masih pada mencari makan di kota-kota besar," pungkasnya. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT