28 May 2021, 19:05 WIB

Ini Kronologi Jatuhnya Helikopter Latihan di Buperta Cibubur


Rifaldi Putra Irianto | Megapolitan

SEBUAH helikopter latihan jatuh di Danau Buperta, kompleks Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (29/5) sekitar pukul 09.45 WIB. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya membeberkan pesawat latih jenis Heli Robinson R44 yang jatuh tersebut diawaki oleh dua orang yaitu pilot L dan Oto (siswa) take off pukul 09.00 WIB dari lapangan latihan Buperta Cibubur. 

Berdasarkan penelusuran Media Indonesia salah satu awak yang menjadi siswa pada latihan Helikopter tersebut adalah Ketua Komite Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari. 

Saat dikonfirmasi langsung, Okto menceritakan bahwa helikopter yang ditumpanginya bukan jatuh dari ketinggian melainkan saat terbang rendah Helikopter hilang kendali dan masuk ke dalam danau. 

"Jadi saya kan memang lagi belajar terbang helikopter, tiba-tiba tadi pas lagi terbang bukan saya yang nerbangin tapi yg nerbangin instrukturnya, pas di danau itu skip helikopetrnya masuk ke air (Danau)," ujar Okto, saat ditemui di Kompleks Media Group, Kebon Jeruk, Jakarta, Jumat, (28/5). 

Baca juga : Helikopter yang Jatuh Masih di Dalam Situ Rawa Jemblung Cibubur

"Cuman beritanya dibuat helikopter jatuh. Kalau jatuh itukan dari ketinggian terus jatuh, ini engga jadi lagi terbang rendah terus masuk tenggelem ke danau," imbuhnya. 

Saat ditanya terkait bagaimana kondisinya saat ini terkait kejadian itu, Okto pun mengaku bahwa ia dan Instruktur dalam keadaan baik-baik saja. 

"Kita gak kenapa-kenapa ini buktinya saya baik-baik saja sekarang. saya keluar (evakuasi) sendiri, jadi sebelum rebah di danau kita udah keluar (berenang). Cuman orang-orang heboh kalau helikopter jatuh," jelasnya. 

Dapat diketahui hingga saat ini pihak kepolisian bersama tim masih berupaya untuk melakukan evakuasi terhadap helikopter yang jatuh di Danau Buperta tersebut. (OL-7)

BERITA TERKAIT