28 May 2021, 15:48 WIB

Wagub: Jakarta Serius Tangani Wabah


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan pihaknya serius dalam menangani pandemi covid-19. Pria yang akrab disapa Ariza itu mengatakan dalam mengendalikan pandemi, Pemprov DKI bergerak cepat menyediakan RS rujukan covid-19.

Melalui penyediaan RS rujukan, tenaga kesehatan, tempat isolasi, juga 3T (testing, tracing, treatment) yang optimal hingga kini Jakarta mampu menurunkan kasus covid-19.

"Tentang kebijakan di Jakarta sangat serius dan sungguh-sungguh dalam pengendalian covid. Alhamdulilah, kita lihat bersama, angkanya masih cukup landai, tidak ada peningkatan yang signifikan. Kalau kita melihat dukungan yang kita upaya di DKI Jakarta, adalah satu, total RS rujukan saja sudha mencapai 106 RS, tentu ini terbanyak seindonesia utk RS rujukan Covid," kata Ariza di Balai Kota, Jumat (28/5).

Selain itu, Jakarta memiliki 12 lokasi isolasi terkendali, 209 puskesmas tingkat kelurahan, 44 puskesmas kecamatan dan 114.700 tenaga kesehatan yang mendukung upaya pengendalian wabah.

Baca juga: Bersama FKMTI, Guru Besar IPB Datangi Mabes Polri

"Kemudian tempat tidur yang kita siapkan 6.657 dan terpakai 2.149 atau 32%. Kemudian ruang ICU 1.014, terpakai 345, ada 34%. Jumlah laboratorium sudah mencapai 102 laboratorium. Kemampuan sampel per hari yang sebelumnya 25.143, sekarang sudah mencapai 70.490," jelas Ariza.

Mantan anggota DPR RI itu menyebutkan jumlah keterisian fasilitas isolasi terkendali di Jakarta juga menurun. Dari sembilan hotel dengan kapasitas kamar 1.533 orang terisi 455 orang. Keterpakaian ini menurun jadi 29,7%.

"Ini merupakan upaya-upaya yang kita lakukan di DKI Jakarta. Jakarta sudah sejak lama tidak masuk dalam zona merah. Artinya ada upaya perbaikan. Kemudian berbagi regulasi kami buat, Jakarta termasuk provinsi yang memiliki Perda pengendalian Covid sejak awal," terangnya.

"Kemudian kita terus mengeluarkan regulasi terkait pergub DKI, kepgub DKI, surat edaran mulai dari sudar edaran gubernur sampai kepala dinas. Artinya, kami terus berupaya melakukan perbaikan," tandasnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT