19 May 2021, 10:40 WIB

Polisi Ingatkan Masyarakat Minta Stiker Jika Sudah Tes Antigen


Theofilus Ifan Sucipto | Megapolitan

POLISI mengingatkan masyarakat yang sudah dites swab antigen di pos penyekatan meminta stiker khusus. Hal itu agar mereka tidak di-swab dua kali saat hendak kembali ke Jakarta.

"Minta stiker untuk kendaraan pribadi atau umum yang sudah dilakukan swab antigen," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dihubungi, Rabu (19/5).

Yusri mengatakan pihaknya, saat ini, fokus memeriksa pemudik yang kembali ke Ibu Kota. Upaya itu guna memastikan masyarakat betul-betul bebas dari covid-19.

Baca juga: Pemudik tanpa Surat Bebas Covid-19 Diimbau Lapor Polsek

Stiker khusus tersebut, kata Yusri, juga memudahkan petugas di lapangan. Mereka bisa mendata siapa yang sudah atau belum dites swab antigen.

"Diimbau kepada masyarakat atau pemudik lebih dulu swab antigen sebelum kembali ke rumah," ujar dia.

Surat bebas covid-19 menjadi barang wajib untuk ditunjukkan kepada petugas di pos penyekatan. Mereka yang tidak membawa surat tersebut bakal dites swab antigen di lokasi.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran meminta pemudik yang kembali ke Jakarta membawa surat bebas covid-19. Jika tidak, pemudik wajib menjalani swab antigen.

"Anda tidak bisa menunjukkan surat keterangan bebas covid-19, mereka (petugas) akan memaksa Anda melakukan isolasi mandiri dan dilakukan swab antigen gratis," ujar Fadil dalam video yang diunggah akun Twitter @TMCPoldaMetro, Senin (17/5).

Fadil menyebut sejumlah pos penyekatan telah disiapkan untuk memeriksa pemudik. Ia memastikan pemudik tidak dapat lolos dari pemeriksaan petugas.

"Kalau Anda lolos di pos penyekatan ini, Anda tidak mungkin lolos di basis komunitas. Karena seluruh RT, RW, Babinsa, dan Babinkamtibmas itu akan datang," tegasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT