18 May 2021, 12:35 WIB

Rumah Warga yang Kembali dari Mudik Ditempeli Stiker


Theofilus Ifan Sucipto | Megapolitan

PENGAWAS covid-19 berbasis komunitas mikro bakal menempel stiker khusus di rumah warga yang mudik saat larangan mudik. Stiker itu guna mengetahui apakah warga yang mudik memiliki surat bebas covid-19 setelah kembali dari kampung halaman.

"Ada atau tidak hasil swab antigen ketika mereka pulang. Kalau tidak ada, kita swab di tempat," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dihubungi, Selasa (18/5).

Yusri mengatakan pengawas itu terdiri dari RT, RW, Bintara Pembina Desa (Babinsa), dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas). Mereka telah mendata warga yang mudik bersama tenaga kesehatan di tingkat mikro.

Baca juga: Polda Metro Jaya Tes Acak 666 Pengemudi Saat Arus Balik

Masyarakat yang positif saat di-swab di tempat, kata Yusri, rumahnya bakal ditempeli stiker lagi yang menandakan keluarga sedang isolasi mandiri. Bahkan, anggota keluarga bisa dirujuk ke rumah sakit terdekat bila memerlukan penanganan khusus.

"Kita tempel stiker di rumah ini sementara isolasi mandiri mulai tanggal berapa sampai tanggal berapa," tutur dia.

Yusri mengimbau pemudik yang tidak punya surat bebas covid-19 segera ke Polsek terdekat. Mereka bisa memanfaatkan tes swab antigen gratis.

Langkah berikutnya, yakni mengajak masyarakat yang tidak mudik membuat spanduk bersama. Spanduk berisi penolakan kedatangan warga yang kembali dari mudik namun tidak membawa surat bebas covid-19.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta Gugus Tugas RT/RW mendata warga yang pulang mudik Lebaran 2021. Hal ini dilakukan untuk mencegah lonjakan kasus covid-19 pascaliburan Idul Fitri 2021.

"Gugus Tugas RT/RW, dikoordinasi dengan jajaran camat, lurah, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa akan bersama-sama melakukan pendataan atas warga yang masuk ke wilayah itu," ucap Anies dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (14/5).

Anies menerangkan ketua RT/RW bersama Gugus Tugas akan memonitoring dan memantau warga. Mereka harus memastikan warga dalam keadaan sehat ketika sampai di wilayah masing-masing.

"Dan akan dilakukan rapid test antigen," pungkas Anies. (OL-1)

BERITA TERKAIT