17 May 2021, 15:45 WIB

Anies Rapat Bareng Jokowi Bahas Arus Balik


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mengikuti rapat koordinasi bersama seluruh kepala daerah hingga jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) seluruh Indonesia bersama Presiden Joko Widodo siang ini.

Dalam rapat secara virtual itu, Anies turut didampingi secara langsung oleh Pangdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya di Balai Kota. Rapat itu, kata Anies, membahas soal antisipasi lonjakan kasus covid-19 selama arus balik.

Baca juga: Kedatangan Penumpang KA Jarak Jauh di Jakarta Terpantau Landai

"Jadi rakornya bukan level DKI tapi rakornya level nasional yang dipimpin langsung oleh Bapak Presiden dan Bapak Presiden memberikan arahan-arahan terkait dengan antisipasi kasus covid-19 akibat peningkatan mobilitas penduduk selama musim lebaran kemarin," jelasnya, Senin (17/5).

Menurut Presiden, pergerakan itu masih harus diantisipasi sampai akhir pekan depan. Arahan Presiden antara lain adalah skrining kepada warga yang kembali ke Jakarta.

"Yang pertama skrining di pintu masuk dan yang kedua adalah skrining di masyarakat," jelasnya.

Skrining di masyarakat yang dimaksud Anies adalah pendataan yang dilakukan oleh Satgas Penanganan Covid-19 di tingkat RT dan RW. Para RT akan mendatangi rumah-rumah warga yang kembali dari kampung halaman. Warga tersebut pun harus mengikuti tes cepat antigen atau PCR di kelurahan maupun di puskesmas yang dikoordinir oleh aparat setempat. Apabila reaktif atau positif, warga tersebut akan dirujuk ke Wisma Atlet. (OL-6)


 

BERITA TERKAIT