16 May 2021, 04:10 WIB

Perketat Arus Balik Lebaran, Korlantas Random Test ke 849 Pemudik


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan

KEPALA Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono menyatakan pihaknya telah melakukan random test swab antigen kepada 849 pemudik di 35 cek poin penyekatan Jawa Barat.

"Kemudian saya sampaikan bahwa secara nasional volume arus kendaraan menuju Jawa Barat, Bandung, dan Sumatra itu rata-rata mengalami penurunan 68 persen," ungkap Istiono di Rest Area KM 125 Cimahi, Sabtu (15/5).

Kemudian, lanjut Istiono, kendaraan yang memasuki Jakarta juga mengalami penurunan sebanyak 56 persen.

Artinya, Istiono menjelaskan bahwa belum ada pergerakan tanda-tanda arus balik dari pemudik dari Jawa Tengah maupun Jawa Barat yang menuju jakarta sampai dengan malam ini.

Baca juga: Polda Metro Jaya Perpanjang Penyekatan Arus Balik Hingga Akhir Mei

"Nah sekarang ini adalah fase aglomerasi. Jadi fase silaturahmi kemudian ke tempat-tempat wisata, mal dll. Ini dikelola oleh masing-masing daerah secara maksimal," paparnya.

"Kemungkinan fase ini terjadi sampe besok. Karena wisata lokal hari ini juga terlihat padat semuanya dan semua wilayah bekerja keras untuk menekan kerumunan yang terjadi hari ini di konsentrasi- tempat wisata," tambahnya.

Istiono menuturkan bahwa arus balik ke Jabodetabek akan mulai padat pada Minggu (16/5).

Maka, Istiono menegaskan pihaknya akan mengantisipasi adanya kepadatan serta kerumunan saat arus balik.

Guna mengurangi kepadatan arus balik, pihaknya menyiapkan 25 titik untuk cek poin dan dilakukan random tes swab antigen, khususnya di jalur dari Sumatra.

"Kemudian kita tambahkan lagi titik-titik di wilayah ini sebagai titik untuk memperbanyak random tes. Ada sekitar 109 titik yang kita bangun baik jalan tol maupun arteri (keseluruhan)," ungkapnya.

"Kita terus pantau sampai besok dan maksimalkan upaya ini untuk memotong penyebaran covid-19," pungkasnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT