04 May 2021, 20:33 WIB

DPRD Minta Seluruh Pusat Belanja DKI Diawasi


Selamat Saragih | Megapolitan

KETUA DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi, meminta, Satgas Covid-19 DKI harus mengawasi semua lokasi perbelanjaan, tidak hanya Pasar Tanah Abang. Ia mendorong pasar tradisional dan pusat perbelanjaan turut diawasi

"Kita harus meminimalisir terjadinya klaster baru. Jangan sampai kita sama seperti negara lain yang mengalami tsunami. Semua lokasi perbelanjaan harus diawasi khususnya menjelang Idul Fitri seperti sekarang ini," kata Prasetio, di Jakarta, Selasa (4/5).

Pras sapaan akrab Prasetio Edi Marsudi menyebutkan, dalam Perda No 2/2020 tentang Penanggulangan Covid-19, Pemprov DKI Jakarta jelas memiliki kewenangan melakukan pengawasan terhadap kegiatan masyarakat.

Menurut Pras, kegiatan masyarakat di Pasar Tanah Abang sangat wajar, mengingat sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat menjelang Idulfitri dan sangat baik untuk pemulihan perekonomian di masa pandemi.

"Namun, pengawasan protokol kesehatan dengan menata jarak dan pembatasan tehadap pengunjung ini yang harusnya ditegakkan Satgas Covid-19 di lapangan. Maka jika sudah terjadi kerumunan seperti ini, lalu tiba-tiba jumlah kasus penularan meningkat bagaimana?" kata Pras.

Sebelumnya diberitakan, Pasar Tanah Abang pada Sabtu dan Minggu kemarin mendadak menjadi lautan manusia. Hal tersebut tampak dari video yang viral di media sosial.

Kondisi tersebut dikhawatirkan akan memicu klaster penularan Covid-19 baru dengan konsekuensi melonjaknya kasus penularan di DKI Jakarta. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT