03 May 2021, 15:42 WIB

Jelang Pengetatan Mudik PT KAI Daop 1 Jakarta tidak Tambah Kereta


Agus Taufik | Megapolitan

PASCADIBERLAKUKANNYA pengetan mudik sampai dengan tanggal 5 Mei 2021 mendatang, PT KAI Daop 1 Jakarta tidak melakukan penambahan jumlah kereta api (KA).

"Jumlah rata-rata tempat duduk yang tersedia saat ini masih sama, baik kemarin maupun beberapa pekan lalu, ujar Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunnisa, Senin (3/5).

Sementara jumlah KA yang dioperasikan sejumlah 20 KA, untuk Stasiun Pasar Senen, dan 17 KA di Stasiun Gambir.

Baca juga: Enam Stasiun Kereta Api di Sumsel Layani Pemeriksaan GeNose C19

Eva menambahkan, bahwa pada periode Lebaran tahun ini tidak akan terjadi lonjakan penumpang karena jumlah rata-rata penumpang setiap rangkaian kereta hampir sama. Untuk menjalankan operasional sesuai protokol kesehatan, PT KAI memberlakukan pembatasan volume maksimal 70% total tempat duduk.

"Seperti yang terjadi di stasiun pasar senen, dari total 20 KA yang diberangkatkan, dengan ketersediaan tempat duduk sekitar 10.500 kursi, dan yang sudah dipesan 7.000  kursi. Sehingga, jumlahnya tidak akan melebihi batas yang sudah ditentukan," jelasnya. 

Eva juga mengatakan untuk jumlah tempat duduk yang dipesan hingga tanggal 5 Mei 2021 sudah mencapai 6.000 kursi. Jumlah tersebut masih mungkin terjadi perubahan karena diprediksi akan pembatalan. (A-2)

BERITA TERKAIT