03 May 2021, 09:41 WIB

IDI Khawatir Kerumunan Tanah Abang Ciptakan Kerumunan Saingan


Hilda Julaika | Megapolitan

KETUA Satgas Covid-19 PB IDI Prof Zubairi Djoerban melontarkan kekhawatiran atas adanya kerumunan pengunjung di Pasar Tanah Abang, Minggu (2/5). Kerumunan itu dapat membahayakan warga di tengah pandemi covid-19 yang masih terjadi di Jakarta.

Zubairi bahkan menghawatirkan munculnya kerumunan saingan. Pasalnya, melihat kerumunan di pasar saja bisa terjadi, akan ada semacam sikap saling menuntut dari masyarakat.

"Tarik napas dalam-dalam melihat kerumunan di Tanah Abang. Ya, apa mau dikata. Kerumunan ini nanti bersaing dengan kerumunan lainnya. Saling menuntut. Yang ini boleh berkerumun, kenapa yang lain enggak? Muncul drama nasional lagi," kata Zubairi lewat akun Twitter @ProfesorZubairi, seperti dikutip Senin (3/5).

Baca juga: Cegah Kepadatan Penumpang, Perjalanan KRL ke Tanah Abang Diubah

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut terdapat 100 ribu orang memadati Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/4) hari ini.

Anies menyebut kenaikan pengunjung mulai terlihat sejak Sabtu (2/4) kemarin dengan 87 ribu orang. Jumlah itu meningkat drastis setelah pada hari sebelumnya ada 35 ribu pengunjung.

"Pada Sabtu (1/5) terjadi lonjakan jumlah pengunjung yang sebelumnya 35 ribu jadi 87 ribu. Dan hari ini data sementara diperkirakan sekitar 100 ribu," kata Anies di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/4). (OL-1)

BERITA TERKAIT