02 May 2021, 15:49 WIB

Gubernur Anies: 100 Ribu Orang Padati Pasar Tanah Abang Hari Ini


Rahmatul Fajri | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut terdapat 100 ribu orang memadati Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/4) hari ini. Anies menyebut kenaikan pengunjung mulai terlihat sejak Sabtu (2/4) kemarin dengan 87 ribu orang. Jumlah ini meningkat drastis pada hari sebelumnya dengan 35 ribu pengunjung.

"Hari Sabtu (1/5) terjadi lonjakan jumlah pengunjung yang sebelumnya 35 ribu jadi 87 ribu. Dan hari ini data sementara diperkirakan sekitar 100 ribu," kata Anies di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/4).

Anies meminta masyarakat berbelanja di pasar lainnya yang ada di Jakarta. Hal itu guna menghindari kerumunan di Pasar Tanah Abang.

"Bahwa di Jakarta ada banyak pasar, kami menganjurkan masyarakat untuk mendatangi pasar yang ada di Jakarta," tutur Anies

"Tentukan lokasi belanja yang memang tidak penuh, lebih longgar dengan begitu kita bisa mencegah kerumunan dan menerapkan protokol kesehatan dengan baik," tambahnya.

Seperti diketahui, Pasar Tanah Abang dipadati pengunjung pada Minggu (2/4). Dari pantauan Media Indonesia, pengunjung mulai memadati Pasar Tanah Abang Blok A, Blok B, dan Blok F mulai pukul 09:00 WIB.

Pengunjung tampak berjubel dan tak mengindahkan jaga jarak. Para pengunjung tampak berdesak-desakan berburu pakaian yang akan dikenakan pada Lebaran nanti.

Salah satu pengunjung, Riko mengatakan dirinya memang menyempatkan diri untuk membeli pakaian di Pasar Tanah Abang setiap tahunnya. Ia mengaku mencari pakaian untuk keluarganya di kampung halamannya di Sumatera Barat.

"Ini untuk lebaran nanti dan saya kirim lewat ekspedisi," kata Riko, sambil menenteng barang bawaannya.

Sementara itu, salah satu pedagang, Hanif, mengakui adanya kepadatan pengunjung beberapa hari terakhir. Hal ini mengingat semakin dekatnya Hari Lebaran.

"Dua atau tiga hari ini terus ramai. Bahkan, hari ini ramai sekali. Sampai (pengunjung) disuruh pulang oleh Polisi sama TNI," kata Hanif.

Pada pukul 13:30 WIB, para pengunjung mulai meninggalkan Pasar Tanah Abang. Mereka diarahkan oleh aparat kepolisian, TNI, dan Satpol untuk meninggalkan lokasi.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan pihak telah mendirikan posko pengamanan di Pasar Tanah Abang untuk mengantisipasi adanya kerumunan.

"Kita ketatkan patroli bersama di situ untuk menghindari kerumunan," kata Yusri.

Yusri meminta masyarakat untuk mencari alternatif lain untuk berbelanja kebutuhan Hari Lebaran. Ia mengatakan hal itu guna mencegah penumpukan di satu tempat perbelanjaan.

"Kami imbau masyarakat untuk mencari alternatif lain untuk berbelanja guna menghindari kerumunan," kata Yusri. (Faj/OL-09)

BERITA TERKAIT