02 May 2021, 06:12 WIB

Demo Buruh di Tanjung Priok Berjalan Kondusif


Rahmatul Fajri | Megapolitan

AKSI unjuk dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day di wilayah Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (1/4) berjalan kondusif.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Putu Kholis Aryana mengungkapkan 257 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan aksi unjuk rasa tersebut.

"Alhamdulillah, untuk demonstrasi Hari Buruh, hari ini, berjalan damai dan tertib. Dalam penjagaan, Polres Pelabuhan Tanjung Priok kerahkan 217 personel. Lalu petugas gabungan Syahbandar, OP, KPLP, KKP, Damkar sebanyak 40 personel," kata Putu melalui keterangan resmi, Minggu (2/4).

Baca juga: Hari Buruh, Program Vaksinasi Pekerja Dimulai

Putu mengapresiasi seluruh elemen buruh yang tetap menerapkan protokol kesehatan di tengah peringatan Hari Buruh tersebut.

"Kami mengapresiasi kawan-kawan buruh yang mematuhi penerapan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan menjaga jarak saat menyampaikan aspirasinya. Sehingga, aksi demonstrasi pun berjalan lancar," ujarnya.

Putu mengatakan pihaknya sebelumnya menggelar apel terkait persiapan dalam rangka pengamanan demonstrasi tersebut. Dalam apel tersebut dibahas soal koordinasi antarkesatuan untuk mempersiapkan pengamanan dan Tactical Wall Game atau arahan pengendali pengamanan.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan spanduk imbauan dan edukasi kepada peserta aksi untuk tetap menaati protokol kesehatan, serta mendirikan posko pelayanan swab antigen gratis untuk pedemo.

"Kami mendirikan Posko Pelayanan Rapid Test untuk para buruh yang ikut unjuk rasa pada sore tadi. Semua itu dilakukan dalam rangka upaya mencegah penyebaran virus korona," pungkasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT