01 May 2021, 16:45 WIB

Polri Imbau Ormas Agar Tak Lakukan Pemerasan Berkedok THR


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan

POLRI mengimbau organisasi masyarakat (ormas) untuk tidak melakukan pemerasan berkedok permintaan Tunjangan Hari Raya (THR), jelang Lebaran tahun 2021. 

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan menyebut bahwa polisi akan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menghindari adanya pemerasan.

Baca juga: Polisi Koordinasi dengan Satgas Covid untuk Razia Alat Uji Bekas

"Tentunya Polri mengedepankan edukasi dan preentif. Kami terus melakukan pengawasan terhadap masyarakat," ucap Ahmad di MabesPolri, Jakarta, Jumat (30/4).

Meski begitu, Ahmad menyebut sampai saat ini belum ditemukan adanya upaya pemerasan berkedok THR.

"Sejauh ini situasi masih aman dan terkendali tapi kami mengantisipasi apa yang dikatakan tadi. Kami melakukan sifatnya preentif dulu, mengedukasi," tuturnya.

Dalam langkah antisipasi, Ahmad menuturkan bahwa pencegahan adanya pemerasan berkesok THR juga masuk dalam pengamanan Operasi Ketupat 2021.

Menurutnya, pencegahan itu dilakukan untuk menciptakan perayaan Idul Fitri yang berjalan damai tanpa adanya masyarakat yang dirugikan.

"Semoga operasi ketupat yang dilaksanakan ini dalam rangka mengamankan ibadah bulan puasa dan Idul Fitri dan juga terciptanya situasi aman terkendali dalam pencegahan penyebaran covid-19 semakin terkendali," pungkasnya. (OL-6)
 

BERITA TERKAIT