29 April 2021, 16:03 WIB

Aturan SIKM di Jakarta Dijanjikan Selesai Pekan Depan


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

ATURAN pengurusan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) di Jakarta akan selesai pekan depan. Saat ini Pemprov DKI Jakarta masih memfinalisasi draft aturan tersebut.

"Masih dibahas. Kita harapkan 1-2 hari ini selesai dan bisa ditetapkan dalam kepgub," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota, Kamis (29/4).

Sesuai Peraturan Menteri Perhubungan No 13 tahun 2021 bahwa seluruh warga di kawasan tinggi risiko penularan covid-19 dilarang melakukan perjalanan antardaerah atau mudik.

Namun, ada pengecualian yang diberikan yakni ASN dan karyawan swasta yang melakukan perjalanan dinas disertai surat perjalanan dinas, warga yang ingin menjenguk orang sakit, warga yang memiliki urusan kedukaan, dan ibu hamil yang hendak melahirkan.

"Empat jenis itu yang memerlukan surat izin keluar masuk di masa larangan mudik. Itu yang sedang kami susun untuk dipedomani oleh rekan-rekan di kelurahan untuk menerbitkan SIKM," jelasnya.

Syafrin menegaskan tak ada kendala dalam penyusunan aturan SIKM ini. Di sisi lain, pihaknya terus berkoordinasi dengan kepolisian untuk kegiatan penyekatan para pemudik colongan.

"Ya,jalan terus.Penyekatan itu dilakukan sekarang oleh rekan-rekan kepolisian. Kami di Jakarta akan 'back up' pelaksanaannya. Jadi sesuai dengan Permenhub 13/2021 selama masa larangan mudik maka semua moda transportasi dilarang beroperasi kecuali untuk memfasilitasi yang dikecualikan. Oleh sebab itu angkutan perorangan, bus mobil sepeda motor dilarang," tandasnya. (OL-13)

Baca Juga: Polisi Amankan 2 WNA India yang Buron Terkait Mafia Karantina

BERITA TERKAIT