28 April 2021, 10:37 WIB

Selama Ramadan, Kemacetan di DKI Meningkat


Kautsar Bobi | Megapolitan

KEPALA Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan terjadi peningkatan kepadatan lalu lintas selama bulan Ramadan mencapai 2%. Hal tersebut disebabkan bergesernya jam masuk dan pulang kantor.

"Biasanya, pagi hari, orang berangkat pukul 05.00-06.00 WIB, sekarang semuanya berangkat pukul 07.00 WIB sehingga terjadi kepadatan yang serentak. Semunya menumpuk di waktu yang hampir sama," ujar Syafrin di Balai Kota, Jakarta, Rabu (28/4).

Distribusi lalu lintas yang tidak merata juga terjadi saat jam pulang kantor pada pukul 15.00 WIB. Mayoritas pekerja berusaha tiba di rumah sebelum waktu berbuka puasa.

Baca juga: Nekat Mudik, Puluhan Travel Gelap Disita Polisi

"Waktu-waktu inilah puncak yang sangat menimbulkan kepadatan," tuturnya.

Kendati demikian, Syafrin menyebut kebijakan ganjil genap belum diterapkan. Sebab, dari jumlah volume lalu lintas tidak berada pada angka yang fantastis. Ia meyakini dengan tidak menerapkan ganjil genap menjadi upaya menekan kasus positif covid-19 di Ibu Kota.

"Di sisi lain, angkutan umum kita batasi penumpang hanya 50%. Oleh sebab itu, ganjil genap belum dioperasikan tapi kami terus lakukan pemantauan," bebernya. (OL-1)

BERITA TERKAIT