24 April 2021, 12:04 WIB

Cegah Pemudik, Ketua DPRD DKI Usulkan Tutup SPBU di Rest Area


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

KETUA DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi menyarankan agar pemerintah menutup SPBU di rest area bagi para pemudik selama periode larangan mudik.

Periode larangan mudik berlaku pada 6-17 Mei yang ditetapkan melalui Surat Edaran Kasatgas Penanganan Covid-19 No 13 tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 Selama Ramadan 1442 H.

Prasetio mengatakan hal tersebut akan membuat pemudik berpikir ulang untuk melakukan perjalanan antardaerah.

"Ya tutup saja SPBU-SPBU. Kalau ada mobil-mobil mereka datang dan itu pemudik yang curi-curi kesempatan, tolak saja," kata Prasetio saat dihubungi, Sabtu (24/4).

Baca juga:  Larangan Mudik untuk Lindungi Masyarakat

Politikus PDIP itu mengatakan SPBU hanya dibuka bagi para pelaku perjalanan antardaerah yang dikecualikan dari larangan mudik serta memiliki dokumen izin perjalanan dinas resmi.

"Ya semisal mobil dinas TNI-Polri, ambulans kalau ada yang ingin mengantar jenazah, dan lainnya itu baru boleh isi di SPBU. Kalau bukan, jangan," tegasnya.

Keputusan yang ia akui terbilang ekstrem tersebut, menurutnya, harus dilakukan demi mencegah warga melakukan mudik. Sebab, ia yakin pasti ada banyak orang yang tetap nekat melakukan mudik tahun ini.(OL-5)

BERITA TERKAIT