16 April 2021, 17:40 WIB

Pencopet Spesialis di Angkot Jurusan Benhil-Tenabang Ditangkap


Rahmatul Fajri | Megapolitan

POLISI menangkap TH (21) dan R (30) yang merupakan spesialis copet di angkutan kota (angkot) jurusan Bendungan Hilir-Tanah Abang, Jakarta Pusat. Keduanya ditangkap di Tegal Alur, Jakarta Barat, Selasa (6/4).

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan pengungkapan kasus ini setelah polisi mendapatkan informasi mengenai maraknya pencopetan di dalam angkutan kota. Polisi lalu melakukan penyelidikan dan berhasil meringkus kedua tersangka.

Yusri mengatakan para tersangka memiliki tugas mengalihkan perhatian korban saat berada di dalam angkot. Sedangkan, T yang kini buron bertugas mengambil ponsel saat korban lengah. Setelah mendapatkan barang curian, mereka lalu turun dari angkot tersebut.

"Mereka mengalihkan perhatian korban seperti dengan bertanya dan sebagainya," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (16/4).

Lebih lanjut, Yusri mengatakan para tersangka telah sering beraksi di dalam angkot dengan trayek 03 itu. Tercatat, ada delapan laporan yang diterima polisi terkait copet dalam empat bulan terakhir.

"Ini modus lama tapi meresahkan, kelompok ini cukup lama bermain, dari 2020 sudah sering mencopet dan sudah terlalu banyak korbannya," kata Yusri.

Atas perbuatannya, para tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman tujuh tahun penjara. (OL-13)

Baca Juga: Pemprov DKI Wacanakan Sekolah Swasta Ikut Peraturan Zonasi

BERITA TERKAIT