14 April 2021, 11:54 WIB

Uji Coba Tahap 2 Selesai, Flyover Tapal Kuda Dibuka Permanen


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

DINAS Bina Marga DKI Jakarta telah selesai melakukan uji coba tahap kedua pengoperasian jalan layang atau Flyover Tapal Kuda yakni Tanjung Barat-Lenteng Agung di Jakarta Selatan.

Uji coba tahap kedua sudah dilakukan pada 1-6 April lalu. Sementara untuk uji coba tahap pertama dilakukan pada 31 Januari dan 1-2 Februari lalu.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan usai uji coba tahap 2 dilakukan, kedua flyover khusus putar balik berbentuk tapal kuda itu akan dibuka seterusnya.

Baca juga: Jakarta Jadi Kota Termahal Ke-20 di Dunia, Ariza Bingung

"Pengoperasian flyover selanjutnya setelah uji coba tahap dua, kedua flyover dibuka seterusnya untuk dilintasi kendaraan baik untuk putaran utara ke utara maupun putaran selatan ke selatan," kata Hari dalam keterangan resmi, Rabu (14/4).

Namun, masih ada catatan yang harus dilakukan Dinas Bina Marga DKI berkaitan dengan keberadaan kedua flyover itu. Dalam pembangunannya, lajur khusus flyover mengambil satu lajur jalan raya. Sehingga, jalan yang semula memiliki 3 lajur menjadi hanya 2 lajur saja.

Hal itu menimbulkan kemacetan di titik naik (on ramp) flyover. Kemacetan itu khususnya terjadi di Flyover Lenteng Agung.

"Dari hasil uji coba tahap kedua didapatkan beberapa catatan yang menyebabkan pengoperasian flyover menjadi tidak optimal, khususnya yang terjadi di Flyover Lenteng Agung–IISIP yang sering mengalami kemacetan, terutama di pagi hari pada area on ramp dari arah Depok menuju Pasar Minggu," ungkap Hari.

Hal ini disebabkan kurang disiplinnya pengendara dalam berlalu lintas. Untuk itu akan dilaksanakan koordinasi dengan pihak–pihak terkait seperti wali kota, Dinas Perhubungan, dan kepolisian setempat agar lalu lintas yang melewati flyover bisa berjalan dengan lancar dan aman.

"Di lapangan masih terdapat pekerjaan penyelesaian Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) dan pekerjaan penyempurnaan flyover lainnya. Untuk itu diharapkan pada para pengguna jalan untuk mematuhi rambu–rambu lalu lintas yang ada demi keamanan dan kenyamanan bersama dalam berlalu lintas," tandasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT