14 April 2021, 10:52 WIB

Cari Pemudik Bandel, Polisi akan Periksa Toilet Hingga Bak Mobil


Siti Yona Hukmana | Megapolitan

POLISI akan mengecek tempat persembunyian masyarakat di mobil saat mudik Lebaran 2021. Modus sembunyi-sembunyi itu banyak didapati saat pelarangan mudik Lebaran 2020.

"Modus-modus yang dilakukan masyarakat yang masih mencoba-coba mudik, seperti misalnya naik ke bak truk, kemudian sembunyi di bagasi bus, toilet bus, naik di dalam mobil yang sedang ditowing dan modus lainnya," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (14/4).

Sambodo mengatakan pihaknya juga akan mengecek mobil-mobil pribadi dan travel gelap. Pada mudik Lebaran 2020 banyak masyarakat nekat mudik menggunakan travel gelap.

Baca juga: Polisi Fokus Jaga 'Jalan Tikus' Cegah Pemudik Sepeda Motor

"Semua akan kita antisipasi dan kita akan periksa semua kendaraan yang lewat," ujar Sambodo.

Menurut Sambodo, pemeriksaan dan penyekatan tidak hanya terhadap kendaraan roda empat. Polisi yang berjaga di pos penyekatan juga akan memberhentikan sepeda motor yang melintas.

"Pemudik roda dua juga, nanti akan banyak juga yang melaksanakan mudik menggunakan sepeda motor," ungkap Sambodo.

Selain itu, polisi juga akan berjaga di jalan tikus yang bisa dilewati masyarakat menghindari penyekatan. Total ada 16 jalan tikus di wilayah DKI Jakarta yang akan dipelototi petugas.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan delapan titik penyekatan atau pos pengamanan (pos pam) mudik Lebaran 2021. Kedelapan titik itu akan dijaga 380 personel polda dan polres setiap hari.

Kedelapan titik itu yakni:

  1. Sebanyak dua titik di jalan tol. Yakni, tol arah Cikampek dan tol arah Merak.
  2. Sebanyak tiga titik di jalan arteri. Yakni, Harapan Indah, Kota Bekasi; Jati Uwung, Kota Tangerang; Kedung Waringin, Kabupaten Bekasi.
  3. Sebanyak tiga titik di terminal bus. Yakni, Pulogebang, Jakarta Timur; Kampung Rambutan, Jakarta Timur; dan Kalideres, Jakarta Barat. (OL-1)
BERITA TERKAIT